Tanya Dokter

  • Keluar darah setelah berhubungan intim saat hamil muda

  • Dok mau nnya yaa.. usia saya 25 tahun saya sudah Tp dan hasilnya positif.. td saya oral seks kemudian kluar darah.. itu krna apa?? Ini kehamilan pertama.. saat kluar darah saya tidak merasakan sakit..

    Selamat siang,

    Kehamilan pada trimester pertama (0-3 bulan) adalah fase kehamilan yang paling rentan karena pada fase inilah seluruh organ pada janin akan dibentuk dari awal. Pada fase ini juga paling rentang terhadap keguguran. Salah satu tanda keguguran adalah keluar nya darah dari jalan lahir.

    Keguguran ada beberapa macam, antara lain :

    • Abortus imminens (Keguguran sedang terjadi, janin masih dapat diselamatkan)
    • Abortus incipens (keguguran sudah terjadi, janin tidak dapat diselamatkan)
    • Abortus inkomplet (keguguran sudah terjadi, jaringan pendukung kehamilan belum seluruhnya keluar)
    • Abortus komplet (keguguran sudah komplit)

    Perilaku seks sendiri dapat memicu terjadi nya kontraksi pada rahim sehingga dapat memicu terjadinya keguguran. Namun jika yang melakukan oral seks adalah Anda, kemungkinan penyebab perdarahan bukan akibat seks. Jika yang melakukan oral seks suami Anda, masih kemungkinan ancaman keguguran yang terjadi akibat kontraksi rahim yang dipicu dari oral seks tersebut.

    Saran Saya agar Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan agar dapat dievaluasi keadaan Kandungan Anda, apakah janin masih dapat bertahan atau tidak. sehingga dapat diambil tindakan pencegahan keguguran jika memang janin masih dapat diselamatkan.

    Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat.

    dr.Anthony