Tanya Dokter

  • keluarnya darah coklat bercampur lendir setelah selesai haid

  •  sitty
    Anggota
    sya mau nnyak dok, seminggu setelah saya selesai haid, tiba2 keluar darah berwarna coklat bercampur dengan lendir tuh knpa yaa dok.... bagaimana caranya untuk mempercepat dtng a menstruasi dok
    sitty  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Haid pada umumnya berlangsung selama 3 - 7 hari, dengan volume haid yang cenderung semakin berkurang. 

    Jika setelah 1 minggu anda selesai haid, dan saat ini keluar darah berwarna coklat bercampur lendir, maka hal tersebut mungkin disebabkan karena suatu infeksi pada daerah vagina. 

    Infeksi pada vagina dapat menyebabkan berbagai macam gejala, salah satunya dapat menyebabkan terjadinya keputihan yang tidak normal. Keputihan yang tidak normal biasanya memiliki ciri seperti berbau tidak sedap ( berbau amis atau busuk), berwarna kehijauan, kecoklatan, kemerahan. Selain itu keputihan yang tidak normal juga dapat disertai dengan darah, rasa gatal serta kemerahan pada vagina. 

    Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • atrofi vaginitis
    • peradangan panggul
    • terjadinya implantasi janin/ kehamilan
    • infeksi menular seksual
    • kanker serviks

    Oleh karena itu, untuk menentukan penyebab dari keadaan anda, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung terlebih dahulu ke dokter,sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaana darah, urine, pemeriksaan lendir vagina atau USG jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda menjaga higiene daerah vagina anda dengan menggunakan sabun antiseptik kewanitaan cukup 1x saja dalam sehari. Ganti pakaian dalam secara teratur, gunakan pakaian dalam dengan bahan katun. Gunakan kondom jika melakukan hubungan seks. Konsumsi cukup buah dan sayuran. Jangan merokok.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Keputihan warna coklat

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny