Tanya Dokter

  • Keluhan sesak nafas, perut dan kaki membesar

  •  Wulan Nuria
    Anggota
    Selamat malam dok. saya ingin bertanya tentang kondisi ayah saya, ayah saya tidak ada riwayat asma namun belakangan ini ayah saya mengalami sesak nafas, perutnya membesar dan keras dan beberapa kali kedua kakinya sempat bengkak. menurut dokter ayah saya sakit apa ya dok? dan makanan apa saja yang di larang serta di anjurkan buat memperbaiki kondisi ayah saya. mohon jawabannya ya dok dan terima kasih.

    Hai,

    Sesak napas dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

    - radang paru atau radang selaput paru

    - penyakit paru obstruktif kronis

    - gangguan jantung

    - alergi, misalnya terhadap debu atau asap 

    Konstipasi, adanya hambatan pada usus, maupun adanya cairan pada rongga perut misalnya akibat gangguan organ hati (asites), juga dapat menyebabkan perut membesar.

    Penyebab kaki bengkak, misalnya:

    - gangguan pembuluh getah bening, sehingga cairan menumpuk dan menyebabkan bengkak

    - infeksi

    - kelainan pembekuan darah pada pembuluh darah kaki

    - efek samping obat

    Usahakan agar ayah Anda tetap memiliki pola hidup sehat. Konsumsi makanan dengan menu sehat dan seimbang. Kurangi konsumsi makanan berlemak. Batasi kafein/ alkohol. Cukup minum air putih. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Hindari stres. Tidak merokok. Sebaiknya tidak berada di posisi yang sama dalam waktu yang lama, misalnya duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. 

    Disarankan untuk memeriksakan ayah Anda ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, termasuk tes penunjang seperti tes darah, sinar X, atau EKG (elektrokardiogram atau rekam jantung). Dokter akan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab medis yang mendasari. 

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica