Tanya Dokter

  • Keluhan setelah kuret

  •  Laras cantika
    Anggota

    Slmat mlam dok. Mw tnya dok, sya msh mrsakan skit prut bag bwah dn mual. Kdang trjdi d pg,siang,mlm. Sakitnya ga trlalu. Sya jga kluar keputihan bening,tdk bau, dtarik tdk putus. Sya jg mrsakan sakit punggung dan pinggang, pusing, 1 hri prnah sring pipis dn hr brkutnya tdk. Hr ini sya cba TP hsilnya negatif. Jdwal mens sya biasanya tanggL 23 s/d 28 an. Sya dikuret tanggal 10 Sept 2015,tanggal 21 sept 2015 sya cek up d usg dn tes drah dg hsil rahim brsih,hcg negtif. tnggal 28 sept 2015 sya dpet menstruasi. Kmdian sya cek up lgi d usg tanggl 5 okt 2015 dg hsil tdk ada pmbkuan darah dn rahim brsih. Pasca kuret sya puasa hbungn bdan dg suami. Yg ngin sy tanyakan, knpa y dok sya msh mrskan skit prut bag bwah pusar, knpa sya msh mrskan mual? Brat bdan sy jg naik knpa ya? Kmren 1 hri sring pipis itu knpa ya? Punggung dn pinggang jg nyeri, doktr spog blang ktnya gjala PMS?knp sy msh mrskan pusing y? Dn knpa sya kluar keputihan? Apkh ada dok wnita hamil mndpatkan keputihan?

    Terimakasih

    Hai laras, Keluhan yang dirasakan setiap wanita post kuretase tentunya berbeda-beda tergantung respon tubuh masing-masing. Yang perlu anda khawatirkan adalah apabila setelah kuret terjadi hal seperti dibawah ini :

    • Demam tinggi
    • Nyeri hebat pada bagian bawah perut yang tidak hilang dengan pemberian obat pereda nyeri
    • Perdarahan yang banyak yang berlangsung lama lebih dari 6 jam
    • Keluarnya cairan dari vagina yang berbau busuk
    • Tidak menstruasi beberapa bulan setelah kuretase
    Jika hal ini tidak terjadi dan pemeriksaan oleh dokter tidak ditemukan jaringan yang masih tertinggal maka anda tidak perlu terlalu khawatir. Kemungkinan keluhan yang masih ada saat ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi setelah kuretase. Anda boleh mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi keluhan yang anda rasakan seperti minum vitamin atau suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika masih begitu mengganggu diskusikan kembali dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan yang dianggap perlu untuk mengetahui penyebab pasti keluhan yang anda alami. Keputihan adalah hal wajar yang terjadi pada setiap wanita. Yang perlu diperhatikan adalah apabila terjadi perubahan warna, jumlah lendir yang berlebihan, bau yang tajam, keluarnya perdarahan di luar masa haid, dan disertai rasa gatal sekitar vagina. Berikut artikel yang dapat anda baca : keputihan keputihan saat hamil kuretase semoga membantu, dr. Tantya