Tanya Dokter

  • Keluhan setelah operasi usus buntu

  • Assalamualaikum wr wb, Hai dok, saya berusia 21th, tanggal 17 Maret 2015 saya melakukan operasi usus buntu,, menurut pemeriksaan kondisi usus buntu saya sudah parah, sehingga operasi yang dokter lakukan adl Laparatomi disayat dari atas pusar sampai kebawah kira* 15cm dan dipsang selang drainase dok, 9 hri sya dirwat d RS, kemudian diperbolehkan pulang, setelah sehari dirumah saya mau BAB ketika mau mengambil gayung perut saya tertekuk kedepan, setelah itu bekas operasinya terasa nyeri hebat kmdian kluar darah segar dri blik perban,, sya dilarikan ke RS lgi dan drwat, setelah 3hri prut sya kembung skli dok, kmdian ada sumbatan brwrna putih di drain'nya, stlah sumbtan dicabut, kluar lah nanah bnyak skli., kluarnya nanah brlangsung slma 4hri, hri ke 6nya sya mncoba dduk, ttp mngalami perdarahan lg d bkas operasinya, perdrahan'a bnyak smpai* bju sya berlumuran darah,, yang saya tanyakan, 1.) Apa seperti itu efek samping operasi laparatomi dok? 2.) bulan Juni ini, bekas drain sya membengkak sprti bisul dan berisi nanah, setelah dipecah oleh dokter smggu kmdian bru mengering, apakah nantinya akan timbul hal demikian lagi dok? 3.) Perut bagian bwah kanan tepatnya dibawah bekas drain sudah 2hari ini terasa nyeri, apa penyebab nyeri trsbut dok? Apakah ada perlengketan usus? Atau luka dalam yang belum sembuh? Maaf sya banyak tanya krna belum bisa kntrol ke dokter bedah saya,, Terima kasih

    Halo,   1) Untuk info yang lebih akurat Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter yang mengoperasi Anda. Karena dokter yang mengoperasi Andalah yang mengetahui dengan pasti kondisi dari peradangan usus buntu yang terjadi pada Anda dan komplikasi apa yang telah ditimbulkan sehingga Anda perlu dioperasi secara laparotomi dan perlu dipasang drain paska operasi. Secara prinsip, setiap operasi, baik laparotomi atau bukan ,akan memiliki komplikasi / efek samping seperti :

    1. Infeksi = ditandai dengan adanya nanah dan luka sulit sembuh.
    2. Perdarahan.
    3. Sepsis
    4. Nyeri
    5. dll.
    Namun jika operasi dilakukan dengan baik dan kondisi peradangan usus buntu Anda bisa diatasi dengan antibiotik serta tidak ada komplikasi lain terhadap usus dan jaringan sekitarnya maka seyogyanya tidak akan terjadi keluhan seperti yang Anda alami. Radang usus buntu yang ditangani dengan cepat saat kondisi usus belum mengalami pecah biasanya akan sembuh dengan cepat dan membutuhkan waktu sekitar 3-4 minggu untuk sembuh 100%. 2) Tidak. Jika Anda melakukan perawatan luka dengan baik, meminum obat yang diberikan dengan teratur dan menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan dengan banyak istirahat, makan gizi seimbang dan perbanyak buah sayur serta air putih maka kondisi infeksi diharapkan tidak akan terulang kembali. Jangan lupa untuk kontrol secara rutin kepada dokter agar kondisi Anda bisa dipantau sehingga tidak timbul keluhan seperti yang Anda alami. 3) Nyeri pada tempat operasi bisa diakibatkan karena banyak hal, bisa karena adanya trauma, stress, atau memang ada indikasi medis lain. Untuk mengetahui ada atau tidaknya perlekatan usus maka Anda bisa melakukan pemeriksaan ulang kepada dokter dan melakukan tes medis seperti USG, CT SCAN, MRI dll. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan kompres hangat pada tempat nyeri, mengurangi aktivitas fisik yang berat dan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.   Semoga membantu dan memperjelas.   dr. Yusi

    Mau tanya lagi dok, kata orang kalau sudah pernah operasi bedah perut nantinya setiap aktivitas akan cepat merasa lelah yah? Itu fakta atau mitos dok? Setelah usus buntu dibuang, nantinya akan mempengaruhi imun tubuh gak buat kedepannya? Terus ada obat buat menyamarkan bekas jaitan gak dok? Nama obatnya apa?

    Maaf dok, Tolong bisa jelaskan hasil dari Laboratorium diagnostik tentang kondisi appendix saya, soalnya dokter bedah saya tidak menjelaskannya dok,, hitung* saya dapat ilmu medis baru,, Jawaban Diagnostik = #Makroskopik : Sediaan appendix panjang 6 cm, diameter 1,5 cm warna coklat diliputi lemak, (tanya: ukuran app yang sehat itu brpa dok?) #Mikroskopik : Menunjukan lumen mengandung massa nekrotik dan kelompok lekosit pmn, dinding sembab, hiperemik, bersebukan keras leksoit pmn seluruh dinding sampai lemak peri appendix. #sesuai dengan : Appendicitis acuta eksacerbasi acut. Tidak tampak ganas.