Tanya Dokter

  • kemaluan perih ketika buang air kecil

  • Dok..ketika saya buang air kecil..awal nya pedih..trus makin sakit pas dibatang kemaluan dok...kayak ada yg nyangkut.gejala apa ya dok?

    Dear Darma, Nyeri saat buang air kecil dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:

    Infeksi saluran kemih (ISK) terdiri dari ISK bawah dan atas. ISK bawah terdiri dari urethritis dan sistitis. Selain nyeri saat buang air kecil, ISK bawah juga menimbulkan gejala selalu ingin buang air kecil, warna urine keruh, bau urine yang menyengat. Sedangkan ISK atas adalah infeksi ureter dan ginjal yang memberikan gejala berupa nyeri perut atau selangkangan, demam, mual. Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter. Dokter akan menelusuri riwayat keluhan Anda secara lebih rinci dan akan melakukan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang seperti tes laboratorium dan USG mungkin akan dianjurkan dokter untuk membantu menegakkan diagnosis. Terapi yang tepat akan diberikan dokter. Umumnya ISK diobati dengan pemberian antibiotik. Penggunaan antibiotik haruslah bijak, jangan membeli sendiri tanpa resep dokter karena hal ini berpotensi menimbulkan kekebalan kuman. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:
    • minum air putih lebih banyak dari biasanya
    • jangan tunda keinginan buang air kecil Anda
    • minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol
    • segera buang air kecil dan bersihkan organ intim Anda setelah berhubungan seks
    Berikut laman yang dapat Anda baca: Infeksi saluran kemih Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya