Tanya Dokter

  • Telinga kemasukan serangga

  • Asallamuallaikum dok. Saya mau tanya 3 jam lalu telinga saya kemasukan serangga. Dan sampai saat ini seranganya masih hifup .bagaimana kah cara mengeluarkan nya. Dan apakah nantinya berpengaruh bagi pendengaran.. ? Makasih.

    Dok.

    Hai Bila serangga masuk ke dalam telinga sebaiknya tidak berusaha untuk mengeluarkannya sendiri baik dengan cotton bud atau jari karena cara ini tidak mungkin berhasil karena justru dapat mendorong serangga semakin ke dalam dan dapat merobek gendang telinga akibat terkena kaki dari serangga yang tajam. Pertolongan pertama yang perlu dilakukan bila kemasukan serangga pada telinga adala:

    • Tetap tenang dan tidak panik
    • Berusaha untuk membuat serangga tersebut mati dalam telinga, yaitu dengan cara miringkan kepala pada telinga yang kemasukan berada diatas lalu memasukan baby oil atau air bersih hangat ke dalam telinga sehingga menenggelamkan serangga tersebut.
    • Miringkan kepala ke sisi berlawanan untuk mengeluarkan cairan tadi dan perhatikan dengan seksama apakah serangga tersebut ikut keluar atau tidak. Bila serangga yang kecil umumnya dapat berhasil keluar dengan cara ini, namun bila serangga yang besar diperlukan tindakan untuk mengeluarkan serangga tersebut oleh dokter.
    Berpengaruh atau tidaknya pada pendengaran tergantung apakah sampai terjadi robekan pada gendang telinga atau tidak. Pada serangga yang hidup dapat berpotensi terjadi robekan karena kaki-kaki yang tajam, sehingga setelah mengeluarkan serangga sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter THT untuk melihat kondisi dari gendang telinga. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william