Tanya Dokter

  • Keluar cairan berwarna kuning dan berbau tidak sedap dari wajah jenazah

  • permisi dok saya mau nanya,tentang proses pembusukan mayat. jadi pada tanggal 30 oktober sekitar jam setengah 5 sore bapak saya meninggal, dan dikuburkan sekitar jam 1 siang di tanggal 31 oktober kemarin.. yang saya mau tanyakan dok jadi sewaktu saya mau meng adzan kan ikatan pada kain kafan dibuka, dan sewaktu saya lihat dari daerah wajah bapak saya keluar semacam cairan berwarna kuning dan tidak sedap.. ngomong² itu cairan apa ya dok?? terima kasih sebelumnya.

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Proses pembusukan jenazah yang telah meninggal dimulai 24 jam setelah kematian. Dapat terjadi lebih cepat pada pasien yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

    Proses pembusukan berlangsung akibat proses kematian jaringan tubuh yang tidak lagi mendapat suplai aliran darah ditambah dengan reaksi bakteri di dalam tubuh.

    Proses ini dimulai dari bagian usus besar di perut sebelah kiri bawah akibat banyaknya bakteri yang berkumpul di bagian tersebut. 

    Kemudian proses pembusukan berlanjut ke seluruh bagian tubuh lainnya. Proses pembusukan akan menimbulkan warna kuning kehijauan yang berbau tidak sedap.

    Keluarnya cairan kuning di daerah wajah kemungkinan merupakan bagian dari proses pembusukan jenazah yang sedang berlangsung. 

    Selain itu cairan di wajah tersebut bisa disebabkan proses pecahnya pembuluh darah yang terjadi setelah seseorang meninggal, yang menyebabkan darah termasuk cairan plasma darah ,merembes keluar ke organ tubuh.

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr.Natalia