Tanya Dokter

  • Lama efek suntik KB 1 bulan sekali

  •  Ny. Roni
    Anggota

    Selamat pagi dok..sy ingin menanyakn hal kapan kesuburan sy akan kembali..sy menikah bln 10 2014..sengaja menunda momongan krn masih ingin pacaran dlu..dr bln 10 2014 sampai bln 4 2015 kmrin sy pakai yg suntik 1 bln sekali..kemudian sy stop,dbln 5 sy sudah g kb lg dan haid tgl 21 itu pun hanya 2harian kmudian brhenti,rencana sudah ingin punya momongan..sy mw tanya ni kira2 efek suntik kb 1bulan sekali itu sampai berapa lama y dok..trimakasih.

    Halo,   Paska menggunakan KB suntik 1 bulanan memang membutuhkan waktu beberapa bulan untuk siklus menstruasi Anda kembali normal. Dengan kembalinya siklus menstruasi Anda secara normal maka hal ini menandakan bahwa Anda fungsi organ reproduksi sudah kembali normal dan diharapkan bisa segera terjadi kehamilan. Pada penyuntikan KB < 1 tahun maka diharapkan fungsi hormonal akan kembali normal dalam waktu +/- 6 bulan setelah penyuntikan dihentikan. Untuk merangsang siklus menstruasi kembali normal maka Anda bisa melakukan beberapa cara yaitu :

    1. Olahraga teratur.
    2. Istirahat cukup
    3. Hindari stress
    4. Relaksasi
    5. Makan gizi seimbang.
    Untuk mempercepat kehamilan, datangnya siklus menstruasi Anda saja tidak cukup. Kehamilan baru akan terjadi jika sel sperma mampu membuahi sel telur dan sel telur berkembang dengan baik dan menempel dengan kuat pada dinding rahim yang sehat. Untuk mendapatkan kehamilan yang baik dan sehat maka Anda bisa menggunakan beberapa cara sederhana seperti :
    1. Persiapkan kondisi kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat seperti hindari merokok, makan makanan bergizi, perbanyak buah dan sayuran , hindari stress, dll.
    2. Hindari konsumsi alkohol dan soda.
    3. Perbanyak vitamin E dan asam folat.
    4. Ketahui masa subur Anda dan berhubungan saat masa subur.
    5. Berpuasa berhubungan sebelum masa subur tiba untuk memastikan kualitas sperma baik.
    6. Hindari mencuci vagina beberapa saat setelah selesai berhubungan.
    Jika cara diatas tidak membuahkan kehamilan dalam jangka waktu +/- 1 tahun maka sebaiknya periksakan diri Anda dan pasangan ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesuburan Anda berdua. Baca topik Ingin cepat hamil. Semoga membantu.   dr. Yusi