Tanya Dokter

  • Perut kembung setelah berhenti merokok

  •  Wiko Melayu
    Anggota
    Mlm dok saya mau nanya saya sudah berhenti merokok 2 bulan tapi kenapa sekarang saya sering kembung dok bab tidak lancar hidung sering tersumbat mohon jawabannya dok makasih sebelumnya
    Wiko Melayu  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Perut kembung dan bab tidak lancar merupakan suatu hal yang sering terjadi dan hal tersebut dapat disebabkan karena banyak hal. Dari keadaan yang anda alami, mungkin dapat disebabkan karena suatu tifus.

    Tifus adalah suatu infeksi yang disebabkan karena infeksi bakteri salmonella typhi. Tifus ditularkan melalui makanan yang terkontaminiasi. Tifus dapat menyebabkan gejala seperti rasa tidak nyaman pada perut, nyeri perut, gangguan BAB, dan menyebabkan demam terutama pada malam hari. Biasanya jika keadaan anda memang disebabkan karena tifus maka diperlukan pengobatan menggunakan antibiotik tertentu.

    tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • gastritis
    • dyspepsia
    • konstipasi
    • gangguan elektrolit
    • obstruksi saluran cerna

    oleh karena itu, jika keadaan yang anda alami sudah berlangsung lebih dari 3 hari maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Dengan demikian nanti dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat untuk anda.

    disarankan agar anda cukup minum air putih minimal 2liter perhari. Konsumsi serat seperti sayuran dan buah agar BAB lebih lancar. Penting untuk berhenti merokok karena  rokok dapat merusak seluruh pembuluh darah dalam tubuh. Kurangi makanan yang terlalu asam dan pedas, serta makan dengan porsi sedikit tetapi sering.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Tifus

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny