Tanya Dokter

  • Patokan Durasi Kemoterapi

  •  Sang Pemimpi
    Anggota

    Dok saya mau tanya, untuk kemo terapi ada berapa kali biasanya dilakukan... ad batas minimalnya gak... ini bibi saya udah sampai 5x kemo, tetap disruh lanjut sama dokternya, ap yang dipakai patokan kemo harus lanjut atau  selesai... terimakasih...

    Hai, Kemoterapi merupakan jenis pengobatan terhadap sel kanker. Kemoterapi bekerja dengan menghentikan atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Tergantung dari jenis dan stadium kanker, kemoterapi dapat digunakan untuk :

    • menyembuhkan kanker (kemoterapi merusak sel kanker sehingga tidak terdeteksi lagi di dalam tubuh)
    • mengontrol kanker (mencegah penyebaran, memperlambat pertumbuhan, atau merusak sel kanker yang sudah menyebar ke tubuh)
    • meredakan gejala kanker (disebut juga sebagai perawatan paliatif, yaitu kemoterapi menyusutkan/mengerutkan tumor yang menyebabkan adanya rasa nyeri)
    Seberapa sering dan sampai berapa lama kemoterapi diberikan sangat beragam, hal ini tergantung pada jenis dan stadium kanker, tujuan pengobatan (apakah kemoterapi ditujukan untuk menyembuhkan kanker, mengontrol, atau meredakan gejala), jenis kemoterapi, dan respons tubuh terhadap kemoterapi. Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter yang memberikan pengobatan kemoterapi, sehingga mendapatkan informasi lebih jelas tentang kondisi dan respons terhadap kemoterapi yang selama ini sudah diberikan. Semoga membantu dr. Jessica Winoto

  • Apakah informasi ini bermanfaat untuk anda? Iya atau Tidak

    Terima kasih atas masukan anda.