Tanya Dokter

  • Kemungkinan hamil jika berhubungan intim setelah menstruasi

  •  natashaaa
    Anggota
    Malam dok, Saya mau tanya jika berhubungan saat H+1 selesai haid bisa kah terjadi kehamilan? Misalnya, jika saya selesai haid hari senin, lalu selasa dini hari saya berhubungan apakah ada kemungkin untuk hamil? Hal ini krn pagi2 suami saya harus pergi keluar kota, suami saya kerja diluar kota selama 3 mgg setiap bulannya. Terima kasih

    Hai Natasha

    Sebenarnya kapanpun berhubungan intim tanpa kontrasepsi, tetap memiliki peluang hamil, bahkan berhubungan intim saat haid. Hal ini disebabkan sel sperma pria dapat tetap hidup di dalam rahim selama 3-6 hari. Pada wanita dengan siklus haid tidak teratur atau pendek, pelepasan sel telur (ovulasi) bisa saja berjarak tidak jauh dengan siklus haid. Namun bila memiliki siklus haid teratur sekitar 28 hari, maka kemungkinan besar tidak akan terjadi kehamilan karena masa subur terjadi sekitar 12-16 hari setelah hari pertama haid. Berhubungan intim satu hari setelah hari terakhir haid, juga memiliki peluang untuk hamil, namun besar peluangnya hamil tergantung dari masa subur.

    Bila ingin menginginkan kehamilan maka sebaiknya berhubungan intim pada saat masa subur karena pada saat inilah peluang untuk hamil paling besar. Berikut cara mengetahui kapan masa subur: Menghitung masa subur setelah haid. Namun bila ingin menunda kehamilan, sebaiknya gunakan kontrasepsi. Berikut informasinya: Memilih metode kontrasepsi.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william