Tanya Dokter

  • Kemungkinan hamil pada pengguna pil KB

  • Mlm dok,, saya mau tanya. Saya haid tgl 18 januari tgl 21 saya anggab sudah bersih krn tidak keluar lg. Tgl 26 saya buat hubungan dengan suami saya tp belum mengkunsumsi kb /apapun.. Tp wkt itu sperma tidak dikeluarkan didalam dan saya pun jg tidak mengeluarkan,,setelah itu saya tidak hubungan sama sekalisaya minum pil kb pada tgl 29 januari/senin. Tp ke esokan hari nya ada bercak darah sedikit keluar tp saya tetap minum pil kb dan setiap saya hubungan suami tidak pernah keluarkan didalam.. Hanya pada tgl 13 mlm kita sama² keluarkan didalam. Apa kemungkinan hamil atau tidak..

    Halo Ibu, terimakasih telah bertanya pada Alodokter. 

    Mengeluarkan sperma di luar memang bisa dijadikan metode untuk pencegah kehamilan. Tetapi kegagalannya berkisar 20% sehingga terjadinya kehamilan masih cukup besar karena cairan precum masih bisa mengandung sperma dan juga mungkin adanya sperma yang sempat keluar sebelum dicabut. 

    Memulai pil KB sebaiknya dilakukan pada saat haid. Jika tidak sedang haid, disarankan memakai kontrasepsi tambahan 7 hari pertama atau tidak melakukan hubungan seksual agar kadar hormon sudah optimal untuk mencegah kehamilan. Jika hanya membaca riwayat yang Anda berikan, kemungkinan hamil tetap ada mengingat Anda pernah berhubungan seksual pada masa subur tanpa alat kontrasepsi.

    Untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak, Anda bisa melakukan tes kehamilan dengan test pack jika Anda terlambat haid. Jika tes kehamilan Anda positif, segera hentikan pemakaian pil KB Anda dan berkonsultasi ke dokter kandungan. 

    Baca juga: Memilih Alat Kontrasepsi

    Salam, 

    dr. Mega