Tanya Dokter

  • Kemungkinan hamil jika telat menstruasi 8 hari

  •  Tinamonika
    Anggota
    Selamat siang dok. Tggl 20-21 september saya melakukan hubungan dgn suami saya kemudian ditanggal 27 sep saya menstruasi selama 3 hari, nah kemudian saat ini saya sudah telat haid 8 hari.. apakah ada kemungkinan saya hamil dok???

    Hai Tinamonika,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu Anda ketahui, bahwa saat terjadi kehamilan, hormon-hormon dalam tubuh mengalami perubahan sedemikian rupa sehingga tidak mungkin terjadi menstruasi. Jadi, tidak mungkin hamil dan menstruasi terjadi secara bersamaan. Apabila Anda sudah pernah mengalami menstruasi setelah hubungan seksual terakhir Anda, maka artinya Anda tidak hamil.

    Mungkin yang Anda pikirkan adalah, mungkin menstruasi yang hanya 3 hari tersebut berasal dari flek kehamilan (perdarahan implantasi). Flek kehamilan terjadi jika ada robekan pembuluh darah saat janin tertanam di dinding rahim. Flek ini berbeda dengan menstruasi pada umumnya. Umumnya, flek akan memiliki volume yang sangat sedikit (1-2 hari), durasi yang sangat singkat (1-2 hari saja), dan tidak juga disertai kram perut hebat sebagaimana yang terjadi saat menstruasi. Apabila menstruasi terakhir Anda tidak memenuhi ciri tersebut, maka kemungkinan hal tersebut bukanlah berasal dari flek kehamilan.

    Terlambat menstruasi, selain karena hamil, bisa juga terjadi karena stres, kelelahan, terlalu gemuk, terlalu kurus, efek samping KB, atau penyakit tertentu, misalnya kista ovarium, kelainan kelenjar tiroid, dan sebagainya.

    Namun, untuk memastikannya, tidak ada salahnya Anda melakukan pemeriksaan testpack. Jika benar disebabkan oleh kehamilan, maka hasil testpack pun akan menunjukkan bahwa Anda positif hamil.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah