Tanya Dokter

  • Kemungkinan hamil saat masih memberikan asi esklusif

  • Pagi dok, saya dewi usia 24th Saya baru saja melahirkan pada bulan mei lalu, setelah melahirkan sampai saat ini saya tidak di KB dan tidak mengalami mens, saat ini saya asi esklusif,, saya juga sudah pernah HB dengan suami tapi tidak intens, yg ingin saya tanyakan apakah saya bisa hamil?.. Mohon penjelasannya

    Hai Dewi,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Menyusui ASI eksklusif secara tidak langsung memang bisa menjadi salah satu metode kontrasepsi alami. Saat menyusui, tubuh akan distimulasi untuk senantiasa memproduksi hormon-hormon menyusui, di antaranya prolaktin dan oksitosin. Kedua hormon ini memiliki sifat yang berkebalikan dengan hormon yang meregulasi menstruasi dan kesuburan.

    Namun, perlu juga Anda ketahui, bahwa tingkat efektifitas menyusui dalam mencegah kehamilan masih cukup rendah. Selain itu, banyak pula literatur yang menunjukkan bahwa wanita cenderung lebih subur setelah melahirkan. Karenanya, meski hubungan seksual tidak dilakukan secara intens, potensi kehamilan akan tetap ada apabila Anda tidak menggunakan alat kontrasepsi apapun. 

    Tidak menstruasi yang Anda alami saat ini, selain disebabkan oleh proses menyusui, bisa juga merupakan pertanda kehamilan atau ketidakseimbangan hormonal lainnya, seperti stres, kelelahan, terlalu gemuk, terlalu kurus, kista ovarium, tumor kelenjar hipofisis, dan sebagainya. Untuk memastikannya, Anda bisa coba melakukan testpack atau memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan ya..

    Sebaiknya, untuk mencegah risiko jarak kehamilan yang terlalu dekat, segeralah gunakan alat kontrasepsi. Berbagai jenis alat kontrasepsi telah tersedia, tidak hanya untuk wanita, namun juga pria. Diskusikan dengan dokter terkait metode kontrasepsi yang terbaik bagi Anda, pasangan, dan juga bayi yang sedang Anda susui.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah