Tanya Dokter

  • Peluang terjadinya kehamilan setelah melepas KB spiral

  • Selamat malam menjelang pagi dok,

    maaf saya bertanya pada waktu yang kurang tepat, karena ada hal yang sangat mengganggu dan membuat saya gelisah.

    saya ibu rumah tangga (24th) baru saja lepas KB Spiral (1minggu lalu) yang seharusnya 5th tetapi hanya 3,5th karena suami meminta untuk menambah anak, yang ingin saya tanyakan apakah mungkin saya bisa langsung hamil walaupun baru 1minggu lepas kb dan berhubungan dgn suami 1x (pasca lepas kba) ?? dan kemungkinan hamil pada saat masih kb spiral bisa terjadi??

    Terimakasih atas waktu dan jawabannya dok. Salam

    Marlina Kadlani  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat siang, Halo Marliana, Penggunaan kontrasepsi jenis IUD atau spiral memiliki efektivitas yang tinggi, namun demikian kejadian hamil masih dapat mungkin terjadi meskipun kecil. Setelah alat spiral dilepaskan, maka kesuburan akan dapat kembali secara cepat segera setelah pelepasan, namun demikian tidak ada kepastian mengenai berapa lama nya. Semua nya tergantung dari kondisi organ reproduksi Anda, kesehatan sperma suami Anda dan tentu nya tergantung kuasa Tuhan Yang Maha Esa mengenai kapan Anda dapat hamil lagi. Secara umum, penggunaan spiral ada dua jenis, yaitu :

    • Spiral dengan tembaga. Jenis ini mengandung tembaga yang bekerja mencegah atau membunuh sperma yang masuk ke dalam rahim. Maka setelah dilepaskan, segera setelah kadar tembaga menghilang, sperma dapat masuk dan membuahi sel telur jika sperma dalam kondisi baik dan  masuk di waktu yang tepat yaitu pada saat Anda mengalami masa subur (ovulasi)
    • Spiral dengan hormon. Jenis ini mengandung hormon yang mempengaruhi siklus rahim wanita. Setelah pelepasannya, segera setelah hormon kembali normal dan siklus menstruasi normal, maka kehamilan dapat terjadi.
    Anda dapat membaca lebih lengkap mengenai : Proses Pembuahan; Apa yang Terjadi Sebelum Kehamilan Tanda-tanda Kehamilan Yang Wajib Diketahui Memilih Alat Kontrasepsi Sisi Positif dan Negatif KB Spiral Sekian Informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu.