Tanya Dokter

  • Kemungkinan tidak subur (mandul)

  • selamat malam dokter , saya mau bertanya saya sudah menikah selama 3 tahun dan pertama menikah saya kb PIL selama 1 tahun karena bekerja.. dan saya sudah lepas kb selama 2 tahun tapi saya belum juga bisa HAMIL maaf dokter apa kemungkinan saya mandul soalnya banyak yang bilang jika setelah kb wanita normal akan segera hamil setelah 1 tahun kemudian.. lalu bagaimana dengan saya??? terimakasih sebelumnya mohon penjelasan nya !!!
    mhon bantu saya dok !! 😩😩😩

    Halo fb-risdarusmawan.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa berdasarkan penelitian, kondisi kesuburan wanita yang berhenti mengonsumsi pil KB, tidak berbeda dengan wanita yang tidak pernah mengonsumsi pil KB sama sekali.

    Sedangkan pada ahli berpendapat beradasakan penelitian, pil KB tidak menunjukkan adanya efek jangka panjang terkait kesuburan seorang wanita setelah menggunakan alat kontrasepsi ini. Saat wanita berhenti mengonsumsi pil ini, maka dia akan kembali subur dan dapat segera hamil.

    Pil KB dianggap menghambat kehamilan sebenarnya tidak beralasan. Hal ini kemungkinan disebabkan : sebelum mengonsumsi pil KB seorang wanita kemungkinan memang sudah memiliki gangguan alat reproduksi yang dapat menghambat kehamilan, sebelum mengonsumsi pil KB === menstruasi wanita tidak lancar sehingga menghambat kehamilan, dll.

    Kami sangat menyarankan kepada Anda dan pasangan untuk segera mengunjungi klinik infertilitas atau menemui Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut ( misal : pemeriksaan fisik, tes hormon, USG kebidanan, pemeriksaan sperma, dll. ) sehingga penyebab pasti dari keadaan yang Anda alami diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PIL KB

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

     

    terimakasih dokter atas jawaban nya , saya juga ingin bertanya kemabali.. tapi dari mulai saya pertama menstruasi dulu sampai sekarang saya tidak ada gangguan selalu lancar dan selalu tepat waktu..