Tanya Dokter

  • mengobati luka terkena minyak panas

  •  Piyan Rockers
    Anggota

    malam dok.. mau tanya dong dok Saya kena minyak panas banget trus aku kucuri kecap, selang beberapa jam kulit ya g kena minyak itu mengelembung kaya balon dan ada cairan nya .

    Menurut dokter bagaiman sebaiknya ,di cucus pake jarum atau di biarin aja ? Mohon tolong di jawab ya dok , soalnya risih aja ngeliatnya panjang 10 cm yang kena minya .

    Trimakasih bu/pa dokter

    Piyan Rockers  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Piyan, Luka terkena minyak panas merupakan luka bakar. Gejala luka bakar yaitu kulit kemerahan, menggelembung / timbul bula, nyeri, panas, hingga berwarna kehitaman dan mati rasa. Penanganan pertama Anda sebenarnya kurang tepat. Sebaiknya Anda tidak mengoleskan kecap, pasta gigi, tepung atau bahan-bahan lainnya pada luka bakar. Penanganan luka bakar adalah dengan mengalirkan air kran selama 20-30 menit untuk mengurangi rasa panas dan mendinginkan luka bakar. Selanjutnya hindarkan barang-barang disekitar luka bakar misalnya perhiasan, jam tangan, kaus kaki, dll. Apabila terjadi gelembung / bula, sebaiknya jangan dipecah karena jika dipecah secara sengaja akan beresiko menyebabkan infeksi sehingga luka akan lebih lama sembuh. Apabila terjadi gelembung, jaga agar gelembung tidak pecah dan akhirnya mengempes sendiri. Anda bisa mengoleskan salep luka bakar yang dijual di apotek dengan hati-hati. Jika keluar rumah dan gelembung rawan tergesek, tutup gelembung dengan kassa steril bila perlu. Anda bisa melakukan perawatan gelembung dirumah jika ukuran gelembung tidak terlalu besar. Jika gelembung terlanjur pecah, bersihkan luka bakar yang pecah dengan air bersih atau cairan infus NaCl, lalu beri salep luka bakar, dan konsultasikan pada dokter untuk penanganan selanjutnya. Namun apabila ukuran gelembung cukup besar seperti yang Anda alami, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat agar bisa diperiksa dan diberikan penanganan yang tepat. Apabila diperlukan, dokter bisa melakukan tindakan menyedot cairan dalam gelembung secara steril agar tidak terjadi infeksi. Selanjutnya dokter akan memberikan pengobatan lanjutan untuk mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Jika luka bakar sudah mulai membaik, hindari mengelupas luka agar tidak terjadi luka baru. Berikut artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda: Luka bakar Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y

    Piyan Rockers  Piyan Rockers
    Anggota

    Terimaksih bu dokter atas informasinya

    Piyan Rockers  dr. Devika Y
    Dokter

    Terimakasih kembali Piyan dr. Devika