Tanya Dokter

  • Gejala tertular HIV dan cara mengatasi efek pengobatan ARV

  •  Herman
    Anggota
    Slamat mlm..sya mau shere aja.saya pergi ke klinik untuk priksakan diri.trus di ambil darah sya.tiba2 hasilnya kluar.kta dokternya.aku kena virus hiv Padahal yg sya rasakan sakit itu hanyalah punggung lari ke pinggang dan lanjud ke prut.. Jdi sya bingung.mana yg bnr..?? Lalu sya di kasi obat ARV..obat itu benar2 buat sya sprti orang gila.. Tlng bantu sya..bagaimna dan mana yg benar..

    Hai Herman,

    Gejala HIV memang sangat bervariasi, terutama bagi penderita yang cukup lama tidak terdiagnosa akibat tidak pernah memeriksakan diri setelah melakukan hal hal beresiko semisal: seks bebas. Keluhan Anda ini, yaitu: nyeri punggung, pinggang dan perut, bisa diakibatkan oleh:

    Infeksi primer HIV, umumnya disertai gejala seperti flu biasa, demam, nyeri tubuh, pembengkakan kelenjar, diare, ruam, dll. sulit dibedakan dari penyakit biasa, tetapi umumnya didahului dengan tindakan beresiko terkena HIV tadi.

    Gangguan ginjal dan saluran kemih, baik oleh infeksi, batu, atau jenis peradangan lainnya.

    Gangguan di sistem syaraf tulang belakang, misal HNP, skiatika, dll

    Paska trauma, cedera atau benturan di  otot sekitar punggung dan pinggang Anda

    Aktifitas berat sebelumnya, misal: olahraga angkat beban, dll

    Keluhan Anda di atas memang dapat terkait ataupun tidak, dengan HIV yang ditemui pada pemeriksaan darah. Komunikasi yang jelas antara Anda dan dokter Anda dapat membantu mengetahui penyebab jelas keluhan tersebut dan menangani keluhan dengan tepat.

    Penggunaan obat ARV, jika menimbulkan efek samping tertentu pada Anda maka sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda. Kombinasi obat antiretroviral, pergantian jenisnya, dapat dilakukan untuk mengurangi efek sampig yang akan timbul.

    Perlu diketahui bahwa penggunaan ARV diindikasikan ada kondisi tertentu dimana tubuh sudah mulai kekurangan sel yang bertugas melawan infeksi yaitu CD4, dan mencegah timbulnya penyakit yang terkait HIV.

    Demikian, semoga membantu Anda