Tanya Dokter

  • Efek samping obat ARV

  •  Herman
    Anggota
    Knp obat ARV itu sangat kuat sekali efek sampingnya

    Hai Herman,

    ARV atau Anti Retro Viral merupakan obat-obatan yang digunakan dalam penanganan infeksi HIV. ARV diberikan dalam kombinasi beberapa obat dalam dosis tertentu, dan harus dikonsumsi secara rutin tanpa jeda pada waktu yang sama setiap hari.

    Seperti halnya obat lainnya, ARV juga memiliki efek samping yang dapat timbul dalam skala ringan hingga berat. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti tinggi-rendahnya dosis obat, besar-kecilnya massa tubuh, kecepatan metabolisme tubuh, dan sebagainya.

    Sebagian jenis ARV dapat menimbulkan efek samping yang lebih berat pada kondisi tertentu, misalnya dikonsumsi pada keadaan perut kosong atau bersamaan dengan makanan/minuman berlemak. Oleh karena itu penting untuk mematuhi setiap petunjuk dan instruksi penggunaan obat dari dokter guna menghindari efek samping yang timbul.

    Berikut ini efek samping yang mungkin timbul pada penggunaan ARV:

    - Masalah pencernaan (mual, muntah, diare, kembung)
    - Kelelahan
    - Anemia
    - Lipodistrofi (penyebaran lemak yang tidak merata di tubuh)
    - Masalah kulit
    - Gangguan saraf
    - Osteoporosis
    - Tingkat lemak atau gula yang tinggi dalam darah
    - Perubahan mood/suasana hati- dan sebagainya

    Bila Anda mengalami efek samping akibat penggunaan ARV, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat. Perlu diingat bahwa obat ARV tidak boleh dihentikan atau diubah dosisnya tanpa petunjuk dokter. Hal ini untuk menghindari terjadinya resistensi virus terhadap pengobatan sehingga akan dapat mempersulit penanganan selanjutnya.

    Oleh karena itu sebaiknya Anda segera menemui dokter bila timbul efek samping yang terasa mengganggu. Beberapa efek samping dapat hilang dengan sendirinya, sebagian dapat diatasi dengan penanganan mandiri, sedangkan sebagian lagi mungkin memerlukan peresepan obat khusus dari dokter. Konsultasikan dan bicarakan setiap kondisi yang Anda alami dengan dokter agar dapat diberikan solusi yang tepat.

    Berikut informasi yang terkait:

    Pengobatan HIV/AIDS

    Efek samping ARV

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman