Tanya Dokter

  • Cepat lelah setelah mengiidap hipertensi

  •  Nulhusnulkh
    Anggota
    Hai dok.. Kenapa ya setelah pernah mengalami tekanan darah tinggi, saya merasa cepat lelah dan kecapean sehingga pusing yg terus menerus?

    Hai Nul,

    Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu gangguan kronis akibat tekanan pada pembuluh darah arteri meningkat. Seseorang dikatakan memiliki hipertensi apabila tekanan darahnya melebihi nilai normal pada beberapa kali pemeriksaan. Beberapa faktor resiko seperti usia >50 tahun, pola hidup yang buruk seperti merokok, konsumsi alkohol, makan tinggi lemak, tingkat stres yang tinggi, obesitas, jarang olahraga dapat meningkatkan angka kejadian hipertensi.

    Faktor keturunan memiliki andil yang kecil sehingga pola hidup menjadi resiko terbesar pada kasus ini. Beberapa kondisi lain saat seseorang sedang tidak fit, kurang istirahat, pusing, sedang mengalami nyeri hebat dapat meningkatkan tekanan darah akibat kerja jantung yang meningkat, namun kondisi ini tidak dapat dikatakan hipertensi, sehingga tidak membutuhkan penanganan dan tekanan darah akan berangsur normal.

    Pusing merupaka keluhan yang umum dikeluhkan dan meiliki berbagai macam sebab, diantaranya dapat Anda baca pada artikel pada link ini Penyebab pusing. Beberapa keluhan yang Anda rasakan dapat saling berhubungan dan dapat diakibatkan oleh adanya suatu penyakit tertentu maupun kondisi fisik yang tidak fit. Kelelahan berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh dan menimbulkan suatu masalah kesehatan.

    Diskusikan kondisi yang Anda rasakan dengan dokter, selain pemeriksaan fisik, pemeriksaan lanjutan seperti tes darah kemungkinan akan disarankan untuk mengethaui faktor penyebab, sehingga pengobatan yang sesuai akan diberikan.

    Berikut tips yang dapat Anda lakukan :

    • Perbanyak istirahat dan kurangi aktifitas berlebih
    • Makan secara teratur
    • Konsumsi air putih 1-2 L/hari
    • Kelola stres secara bijak
    • Lakukan olahraga sesuai kemampuan fisik secara teratur

    semoga bermanfaat,

    dr, Tantya