Tanya Dokter

  • Penyebab tumbuh benjolan di belakang telinga

  •  Luthfy via
    Anggota
    Dok izin bertanya, sejak beberapa hari lalu saya menyadari ada benjolan di belakang telinga kanan dan kiri saya. Benjolan yg di belakang telinga kanan saya agak besar dan kecil di bawahnya itu terasa nyeri saat di pegang maupun ga di pegang. Sedangkan di belakang telinga kiri saya, benjolannya dua tapi kecil kecil dok. Sebelumnya tidak pernah seperti ini, sebelumnya saya sakit lambung dan infeksi saluran pencernaan. Kulit bawah leher juga merah merah dok, itu gejala penyakit apa ya dok? Dan cara mengatasinya bagaimana? Mohon penjelasannya terima kasih

    Halo Luthfy........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya benjolan di belakang telinga, paling sering disebabkan oleh karena pembengkakan kelenjar getah bening.

    Perlu Anda ketahui, kelenjar getah bening yang fungsinya sebagai salah satu sistem daya tahan tubuh, dapat mengalami pembengkakan, jika tubuh mengalami suatu infeksi tertentu atau penyakit tertentu.

    Berikut ini beberapa kondisi yang dapat menimbulkan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga, diantaranya adalah : peradangan pada tenggorokan, infeksi telinga, gangguan kesehatan pada gigi, Peradangan pada Amandel, tuberkulosis atau TBC, kanker, dan lain sebagainya.

    Akan tetapi selain oleh karena pembengkakan kelenjar getah bening, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : lipoma === sel - sel lemak yang tumbuh secara berlebihan, kista === kantong yang berisi cairan didalam kulit, abses === kumpulan nanah di dalam kulit, tumor, jerawat, gigitan serangga atau binatang.

    Jika memang suatu pembengkakan kelenjar getah bening, maka hal ini dapat mengempes dengan sendirinya jika tubuh sudah kembali ke kondisi fit atau bugar atau sehat.

    Namun, apabila benjolan masih saja terjadi sampai dengan satu bulan ke depan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    PEMBENGKAKAN KELENJAR GETAH BENING

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati