Tanya Dokter

  • Penyebab anak tidak mau minum susu formula dan ingin muntah

  • Pagi dok saya yohana, anak saya usia 3 bulan saya senang makanan yg mengandung santan sejak saat itu bab anak saya kadang sperti air kadang seperti busa saya mau nanyak apa santan berpengaruh ke asi dok? Kemarin asi saya tidak lancar saya coba kasih sufor kenapa yah dok anak saya gk mau minum asi dan pengen muntah Trimakasih dok

    Hai Christina,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Semua makanan dan minuman yang ibu konsumsi, sari patinya akan digunakan sebagai bahan pembentukan ASI (air susu ibu). Jadi, hanya sari patinya saja, bukan dalam bentuk utuh. 

    Mengkonsumsi makanan bersantan, selama tidak dilakukan secara berlebihan, dan selama makanannya diolah dengan cara higienis, semestinya tidak menjadikan kualitas ASI menjadi jelek. Feses bayi ASI yang berbusa selama tidak terjadi terlalu sering (hingga lebih dari 3 kali dalam sehari) kemungkinan masih merupakan hal yang normal. Hal ini bisa terjadi jika bayi banyak mengkonsumsi hindmilk  (ASI yang kental, yang terakhir kali keluar dari payudara) dibandingkan dengan foremilk (ASI yang encer, yang pertama kali keluar dari payudara). 

    Bayi yang tidak mau mengkonsumsi susu formula bisa diakibatkan oleh bayi yang tidak terbiasa menyusu menggunakan medium lain selain payudara, misalnya dot atau sendok. Saat menyusu langsung melalui payudara, bayi bisa menyusu dengan tenang, tanpa khawatir tersedak, karena ritme produksi ASI akan menyesuaikan hisapan bayi. Hal ini tentu jauh berbeda dengan jika ia menyusu menggunakan dot atau sendok. Jadi, belum tentu karena susu formulanya atau karena gangguan pada saluran pencernaan bayi.

    Namun, mengatasi produksi ASI yang tidak lancar sebaiknya tidak lantas dilakukan dengan penambahan susu formula. Pemberian susu formula pada bayi di bawah usia 6 bulan justru berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan (mual, muntah, diare, konstipasi, nyeri perut), alergi, kurang gizi, atau justru kelebihan gizi. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, sebaiknya Anda lakukan tips berikut:

    • Susui bayi Anda setiap kali ia menginginkan, yakni setiap 1 hingga 3 jam sekali
    • Perah ASI Anda saat tidak sedang disusui
    • Jangan stres ataupun kelelahan yang berlebihan
    • Makan yang banyak dan bergizi
    • Perbanyak minum 2 hingga 3 liter dalam sehari
    • Hindari pemberian susu formula dengan dot

    Namun, jika memiliki kendala, sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter konselor laktasi di fasilitas kesehatan terdekat ya..

     

    Artikel berikut mungkin berguna:

    Mengapa ibu sebaiknya menyusui?

    Makanan ibu menyusui yang direkomendasikan

    Memperbanyak ASI

     

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah