Tanya Dokter

  • Kenapa BAB bayi berwarna hijau?

  •  Esty Kirana
    Anggota

    Dok bayi saya umurny hampir 3 bln,selama ini hanya minum asi. Tp babny sering dan kdang berwarna hijau. Wajar kah itu dok? Trimakasih atas jawabanny

    Esty Kirana  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Ibu Esty, Sebenarnya BAB hijau pada bayi masih bisa dikatakan normal, tetapi, hal ini juga menunjukkan proses menyusui yang belum sepenuhnya benar. ASI mengandung 2 komponen susu, yang pertama keluar disebut foremilk, kaya laktosa/gula susu dan rendah lemak, bagian ini lebih encer dan cepat dicerna dan diserap sehingga bayi lebih cepat lapar jika hanya minum foremilk saja. Kemudian yang mengalir belakangan disebut hindmilk, yang muncul jika foremilk sudah habis, komposisinya kaya lemak dan pembentuk warna kuning pada feses bayi. Artinya, proses menyusui bayi anda belum berjalan sempurna, karena yang diminum sebagian besar hanya foremilknya saja sehingga warna menjadi hijau, selain itu hal ini terkadang membuat penumpukan gas/kembung pada bayi dan bayi menjadi tidak nyaman. Coba lakukan hal berikut :

    • JIka menyusui, pastikan bayi menghabiskan sampai tuntas satu payudaraterlebih dahulu sehingga seluruh komponen susu terminum degan sempurna, baru dipindah ke payudara satunya.
    • Posisikan bayi dengan benar, yakni menghisap hingga ke aerola  jangan hanya putingnya saja.
    •  Jika hal tersebut diatas belum membantu, atau jika bayi mengalami gejala-gejala tambahan seperti : ruam/merah-merah, muntah, demam, diare, berat badan tidak/sulit naik, atau anda (ibu) sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka konsultasikanlah dengan dokter anak anda.
    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.