Tanya Dokter

  • Penyebab janin tidak aktif bergerak

  •  Putika
    Anggota
    Hallo dok, saya mau tanya kenapa bayi saya kurang bergerak? Setelah periksa 2 minggu dia aktif tapi selanjutnya kurang aktif gerak dok. Padahal saya rutin makan sayuran dan buah2an susu bumil pun gak pernah telat dok. Mohon jawabannya dokter. Terimakasih!
    Putika  dr. Prasetyo
    Dokter

    Halo Putika, terimakasih sudah bertanya di Alodokter.com

    Sebelum membahas pergeraka bayi, apakah yang Anda maksud adalah pergerakan janin / bayi dalam kandungan ? atau bayi sudah lahir. Jika yang dimaksud dengan bayi dalam kandungan, maka berapa usia kehamilan Anda saat ini berpengaruh terhadap pergerakan janin. Gerak janin pertama kali dirasakan pada trimester kedua kehamilan, yaitu sekitar 16-22 minggu (kurang lebih 4-5 bulan), pada trimester awal umumnya gerakan janin belum stabil sehingga sulit untuk dijadikan patokan (jumlah cairan ketuban masih sangat banyak, dan ukuran janin masih sangat kecil). Pergerakan janin pun tidak selalu terasa sepanjang hari, umumnya memiliki waktu waktu tertentu gerakan lebih terasa,  seperti terasa saat sore malam hari.

    Gerak janin baru mulai teratur dan semakin terasa saat kehamilan mencapai 28 minggu (bulan ke 6-7) -- gerakan mulai dapat diukur. Biasanya bayi terasa bergerak 8-10 kali dalam satu jam, walaupun kadang berkurang. Jika berkurang, Anda bisa mencoba memakan snack, berbaring, dan menghitung kembali. Bila Anda merasa ragu dan cemas, kami sarankan Anda menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan serta penanganan lebih lanjut. Tindakan yang anda lakukan seperti rutin konsumsi sayurdan buah, susu bumil, mengelola stress dengan bijak, membatasi aktifitas fisik berlebih sudah betul -- kami harapkan Anda dapat menjaga pola hidup sehat selama kehamilan, untuk kesehatan Anda dan buah hati. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr Prasetyo