Tanya Dokter

  • Apa yang terjadi pada kuku jempol kaki saya?

  •  alvanizer42
    Anggota

    Dok. Saya mau tanya tentang jempol kaki saya (keduanya). Pertama nya itu cantengan (saya awalnya gak tau) trus saya korek2/dipotong kukunya. Lama2 kukunya warnanya kuning,menebal,bentuk kukunya tidak halus(bergelombang),trus berbau tidak sedap ,kadang terasa gatal. Itu membuat saya kurang percaya diri. Apa solusi untuk mengobatinya? Trimakasih.

    Halo, Untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang Anda utarakan perlu pemantauan langsung terhadap kondisi kuku Anda dan tidak dapat hanya berdasarkan perbincangan saja sehingga sebaiknya diperiksakan ke dokter. Kemungkinan keluhan yang Anda utarakan disebabkan oleh :

    • Paronikia (cantengan)
    • Psoriasis
    • Syndrome Reiter
    • Onikomikosis
    • dan lain-lain
    Jika memang yang Anda alami adalah paronikia/cantengan maka dokter akan melihat kondisi kuku Anda dan melakukan tindakan medis yang diperlukan (misalnya membersihkan kuku tersebut dan melihat apakah ada bagian kuku yang melesak ke dalam sehingga menyebabkan infeksi, apabila terdapat bagian kuku yang melesak ke dalam maka akan dilakukan tindakan medis dengan alat steril untuk merapikan bagian kuku tersebut). Tindakan medis ini memerlukan peralatan khusus yang steril  sehingga sebaiknya dilakukan oleh dokter. Bila perlu dokter akan meresepkan obat untuk membantu penyembuhan kuku Anda (jika dicurigai penyebabnya adalah infeksi bakteri maka akan diberikan antibiotik namun bila penyebabnya berbeda maka penanganan dan obatnya akan berbeda pula). Hindari mengorek/memotong kuku cantengan sendiri. Gunakan alas kaki yang nyaman dan ukurannya pas. Jangan garuk area yang terasa gatal tersebut. Minumlah obat sesuai anjuran dokter yang memeriksa Anda.   Semoga lekas sembuh, dr.Debby Phanggestu