Tanya Dokter

  • kaitan riwayat asma dengan fisik lemah dan gampang sakit?

  •  Rei Tamiko
    Anggota
    Dok, belakangan ini saya sakit pilek hanya karena minum es. Saya juga gampang demam setelah terkena hujan. Dan hari ini ada pelajaran olahraga, mengenai lari. Teman-teman saya mampu berlari dengan cepat, hanya saya saja yang tidak mampu berlari kencang. Dulu, waktu masih SD saya punya riwayat asma, apakah itu penyebabnya? Bagaimana cara saya menjaga daya tahan tubuh? Dan membuat fisik saya lebih tahan/kuat?

    Salam,

    Adanya keluhan kondisi fisik mudah menurun atau mudah menderita sakit atau demam kemungkinan dapat disebabkan pola hidup kita yang kurang mendukung kesehatan. 

    Adanya riwayat asma, menunjukkan sistem pernafasan Anda lebih sensistif terhadap kondisi lingkungan sekitar ataupun penyebab asma itu sendiri. Namun hal ini bukanlah suatu alasan untuk tidak melakukan pola hidup sehat secara baik. Karena dengan menjaga pola hidup sehat, keluhan asma kita akan semakin jarang terjadi atau mungkin tubuh kita dapat menyesuaikannya dengan baik.

    Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membentuk pola hidup sehat adalah:

    1. sesuaikan berat badan Anda dengan tinggi badan Anda, dengan kata lain, berat badan ideal akan membentuk sistem tubuh lebih baik

    2. hindari tidur larut malam

    3. biasakan olah raga 2-3 kali sehari

    4. cukupi kebutuhan air dan mineral tubuh (tidak perlu menggunakan minuman kemasan, karena beresiko menyebabkan gangguan lambung)

    5. hindari dan batasi makanan serta minuman instan

    6. hindari makanan pedas, mie, bakso, makanan siap saji, dan makanan dengan kandungan garam serta MSG berlebih

    7. cukupi kebutuhan sayur, buah, karbohidrat, protein dan lemak secara seimbang

    8. hindari stres

    9. tidur 7-8 jam perhari

    10. berinteraksi sosial sesuai norma yang berlaku

    11. idenatifikasi setiap makanan dan aktivitas yang menyebabkan penurunan kesehatan kita.

    Dengan melakukan tahap demi tahap perubahan pola berfikir dan pola kehidupan terhadap kesehatan, maka diharapkan stamina kita akan semakin meningkat. Yang perlu digararis bawahi, pembentukan pola hidup ini akan Anda rasakan dalam bulan ke dua atau ke tiga setelah melakukan setiap tahapannya.

    Bila keluhan yang Anda rasakan masih menetap dengan usaha yang sudah Anda lakukan, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk pemeriksaan dan evaluasi terhadap keluhan ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan, seperti pemeriksaan darah ataupun pemeriksaan radiologi.

    Perawatan dan pengawasan akan diberikan oleh dokter yang merawat Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga pola hidup sehat.

    dr. Ulfi