Tanya Dokter

  • Kenapa telat haid setelah kuret?

  • Dok saya mau tanya, istri saya tgl 26 mei kemarin dikuret habis melahiskan karena plasenta lengket, trus baru haid lagi tgl 4 agustus sampai tgl 24, trus smpai sekarang kok belum haid lagi ya dok? Apakah itu normal dok? Apakah kemungkinan istri saya hamil lgi?

    Halo

    Telat haid terkadang dapat normal terjadi. Faktor non-fisik seperti stres dapat menyebabkan telat haid. Pada orang hamil haid juga akan datang lebih lama karena aktifitas menyusui. Sangat sering seorang wanita baru akan mengalami haid setelah berhenti menyusui. Penggunaan pil kontrasepsi paska melahirkan juga akan menyebabkan telat haid.

    Telat haid juga dapat menjadi tanda awal kehamilan. Meski begitu hal ini belum menjadi tanda pasti kehamilan. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti test pack dan USG untuk memastikan suatu kehamilan. Disamping kehamilan, telat haid juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit seperti sindrom polikistik ovarium, penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, dll. Oleh karena itu memang sebaiknya periksakanlah kondisi istri Anda langsung ke dokter guna mengetahui penyebab pasti telat haid yang dialami.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil