Tanya Dokter

  • Penyebab sel kanker nasofaring sulit diobati

  •  duchiii
    Anggota

    Dok, saya ingin bertanya. teman saya difonis kena Kanker Nasofaring stadium awal. sudah di radiasi dan suntik cairan, kemudian dinyatakan sel kankernya sudah tidak ada lagi. tapi baru-baru ini kankernya kambuh lagi dan sedang membesar bahkan dibilang sulit dihilangkan.

    yang mau saya tanyakan adalah apa yang menyebabkan sel kankernya ini susah dihilangkan padahal baru stadium awal?

    terima kasih dokter.

    Halo,   Kanker memang memiliki kemungkinan akan terjadinya kekambuhan. Itu sebabnya dalam kanker, prognosis dilakukan dengan menggunakan skala per 5 tahun keberhasilan suatu terapi. Pada kanker nasofaring sebuah kanker akan dinilai dan berdasarkan beberapa hal dibawah ini akan menentukan keberhasilan dari suatu terapi yaitu :

    1. Tipe kanker nasofaring yang Anda alami
    2. Ukuran tumor nasofaring yang ada.
    3. Stadium kanker saat awal terdeteksi
    4. Usia pasien dan kesehatan secara umum.
    Keempat faktor diatas akan menjadi tolok ukur bagi keberhasilan dari pengobatan kanker, pada kasus kanker yang kembali kambuh (rekuren) biasanya merupakan jenis kanker yang lebih ganas dan lebih mudah bermetastase atau lebih resisten terhadap pengobatan yang ada. Untuk mengetahui kondisi Anda maka sangat disarankan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter yang menangani Anda, karena dokter Andalah yang paling mengetahui dan memahami kondisi Anda secara keseluruhan dan termasuk tipe kanker nasofaring mana yang sedang Anda alami. Baca artikel Kanker nasofaring. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi