Tanya Dokter

  • Kenapa saya keguguran sampai 2 kali dan bagaimana cara supaya bayi bisa selamat sampai lahir?

  •  Lina M
    Anggota

    Dok saya Pernah keguguran 2 kali ke duanya sama waktu umur 4 bulan. Yang ke 1 Bulan Maret 2014, Yang Ke 2 Bulan Feb 2015 Dokter bilang waktu keguguran pertama katanya mulut rahim lemah jadi perlu dijahit,( waktu hamil ke 1 pernah pendarahan bulan ke 2, bulan ke 4 keguguran. Waktu Hamil ke 2 tidak pernah flek / pendarahan tiba2 waktu bulan ke 4 saat waktu perut mules seperti mau ( maaf ) bab setelah bab tiba2 keluar darah langsung ke RS dokter bilang baby sudah keluar 1/2 badan dari mulut rahim tidak bisa diselamatkan padahal baby masih hidup.

    Mau tanya : 1. Kenapa bisa sampai 2x Dok?

    2. Apa jika keluar mulut rahim tidak bisa dioperasi supaya baby dimasukkan lg?

    3. Jika sudah hamil lagi bagaimana supaya baby bisa selamat sampai lahir?

    Tolong sarannya Dok saya trauma sedih banget sampai keguguran 2 X krn pengen banget punya babay?

     

     

    Lina M  Lina M
    Anggota

    Lina M March 4, 2015 at 1:23 pm Dok saya Pernah keguguran 2 kali ke duanya sama waktu umur 4 bulan. Yang ke 1 Bulan Maret 2014, Yang Ke 2 Bulan Feb 2015 Dokter bilang waktu keguguran pertama katanya mulut rahim lemah jadi perlu dijahit,( waktu hamil ke 1 pernah pendarahan bulan ke 2, bulan ke 4 keguguran. Waktu Hamil ke 2 tidak pernah flek / pendarahan tiba2 waktu bulan ke 4 saat waktu perut mules seperti mau ( maaf ) bab setelah bab tiba2 keluar darah langsung ke RS dokter bilang baby sudah keluar 1/2 badan dari mulut rahim tidak bisa diselamatkan padahal baby masih hidup. Mau tanya : 1. Kenapa bisa sampai 2x Dok? 2. Apa jika keluar mulut rahim tidak bisa dioperasi supaya baby dimasukkan lg? 3. Jika sudah hamil lagi bagaimana supaya baby bisa selamat sampai lahir? Tolong sarannya Dok saya trauma sedih banget sampai keguguran 2 X krn pengen banget punya babay?    
     

    Lina M  Dr. Liyadi
    Anggota

    Hi 1) Keguguran sebagian besar tidak diketahui penyebabnya dan bisa terjadi pada siapapun termasuk ibu hamil yang sebelum dan saat hamil hidup dengan sehat. Tanyakan pada dokter Anda apakah Anda mengalami kondisi yang dikenal sebagai serviks inkompetensi; penderita kondisi ini memiliki kelainan pada serviksnya sehingga tidak bisa menahan tekanan saat hamil atau tidak bisa 'menopang' kehamilan. Akibatnya keguguran pun terjadi. Diskusikan hal ini dengan dokter Anda ginekologi dan dokter kandungan Anda untuk kehamilan berikutnya. 2) Tidak bisa 3) Sebelum hamil, identifikasikan dulu apa ada penyebab spesifik keguguran sebelumnya dan jika ada apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko tersebut untuk kehamilan berikutnya. Rencanakan kehamilan berikutnya dengan dokter kandungan. Berikut adalah laman yang bisa membantu: Keguguran Dr Liyadi