Tanya Dokter

  • kenapa kepala saya sering sakit ya dokter?

  •  fikartoyota
    Anggota

    sakit kepala yang mengganggu dan sering di rasakan.

     

    Hello, Sakit kepala merupakan gejala yang dirasakan oleh hampir semua orang. Walaupun terkadang sakit kepala perlu mendapatkan perhatian lebih karena merupakan tanda dari penyakit yang cukup serius seperti meningitis (radang selaput otak), encephalitis (radang otak) atau kanker otak, namun sebagian besar gejala sakit kepala merupakan penyakit yang dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa penyakit atau kondisi yang dapat menyebabkan sakit kepala antara lain:

    1. Dehidrasi
    2. Tension headache
    3. Migrain
    4. Cluster headache
    5. Gangguan pada mata seperti Glaukoma
    6. Sinusitis
    7. Infeksi telinga bagian tengah atau dalam
    8. Gangren gigi
    9. Neuralgia trigeminus
    10. dan lainnya
    Untuk itu dibutuhkan pemeriksaan dokter guna mendeteksi penyebab terjadinya sakit kepala, sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Jika pengbatan tidak berdasar pada penyebabnya, maka gejala akan terjadi hilang timbul. Berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala sakit kepala:
    1. Istirahat yang cukup
    2. Minum air putih yang banyak
    3. Hindari aktivitas yang berlebihan
    4. Hindari stress
    5. Konsumsi obat penahan sakit yang berlogo lingkaran hijau seperti paracetamol sesuai dosis yang dianjurkan
    Berikut adalah laman yang membahas mengenai sakit kepala secara lebih mendetail: http://www.alodokter.com/sakit-kepala/penyebab Dan juga laman yang membahas makanan yang dapat menyebabkan sakit kepala: http://www.alodokter.com/sakit-kepala-akibat-makanan-apa-maksudnya Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean