Tanya Dokter

  • kenapa masih nyeri pada gusi pasca operasi gigi bungsu?

  •  Kiky Amalia
    Anggota
    Halo dokter, 8 hari lalu saya melakukan tindakan operasi gigi bungsu dgn dokter spesialis bedah mulut, dan di hari ke 7 setelah operasi telah dilakukan pelepasan benang jahitan, tetapi sampai saat ini pasca operasi masi terasa nyeri di sekitar tempat operasi, sehingga efek kepala pusing , sudah konsultasi ke dokter bedah mulut dan telah di berikan obat Aloclair plus gel utk dioleskan, tp nyerinya kadang masih ada. Pertanyaan saya apakah sudah tepat di berikan aloclair gel? Dan kapankah benar2 hilang nyerinya pasca operasi?mengingat nyeri yg luar biasa pagi siang dan malam. Terima kasih atas jawaban dokter

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, pemeberian gel dengan merk tersebut, merupakan suatu rencana doker dan perawatan yang sudah baik. Hal ini karena gel tersebut bermanfaat untuk mengurangi proses radanga pada rongga mulut, baik gusi ataupun mukosa rongga mulut. Dengan demikian, diharapkan setelah hari ke 4 -6 setelah pemberian gel pada area nyeri atau area operasi, didapatkan hasil positif, dengan berkurangnya keluhan nyeri dan peradangan yang mungkin masih terjadi.

    Selain perawatan dengan gel tersebut, perlu kiranya dilakukan evaluasi proses pemulihan operasi gigi. Setelah proses operasi, pertumbuhan jaringan akan membaik dalam 3 minggu setelah operasi, sehingga diperlukan perawatan yang baik selama proses ini. Dan penyembuhan soket gigi akan optimal pada bulan ke 3 sampai ke 6, dengan demikian, proses pemulihan setelah operasi geraham bungsu memerlukan waktu sehingga, diperlukan kesabaran dan ketelatenan.

    Untuk membantu proses perawatan setelah jahitan diambil, proses radang masih  dapat juga terjadi, sehingga Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang juga perlu Anda lakukan, seperti:

    1. kompres dengan es batu bila keluhan nyeri mulai muncul

    2. hindari makanan yang manis, asin dan berlemak, soda, kopi instan dan kopi dengan kreamer

    3. bersihkan rongga mulut Anda setelah makan dan sebelum tidur

    4. gunakan geraham sisi yang sehat untuk mengunyah makanan, adnaya tekanan pada daerah operasi akan memperlambat proses pemulihan peradangan

    5. hindari tidur larut malam untuk membantu proses pemulihan

    Bila setelah 3 minggu, proses radang masih ada atau keluhan nyeri masih mengganggu, Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter yang merawat Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga proses penyembuhan gigi.

    dr. Ulfi