Tanya Dokter

  • Kulit kering dan muncul bintik-bintik saat hamil kedua

  • Asalamualaikum Dokter. 

    saya Mau tanya, saat ini saya sedang hamil 9 minggu, ini kehamilan kedua saya, sebelumnya saya sempat keguguran, kehamilan yang saya alami berbeda dengan kehamilan pertama, lebih sering mual/ muntah . saya sempat mengoleskan minyak angin di bag leher dan atas perut saya untuk meredakan pusing dan mual tapi 2 hari kemudian bekas olesan itu menjadi kering, mengelupas, gatal dan panas. dan bintik2. itu kenapa ya dokter? apakah mempengaruhi janin saya? 

    mengingat sebelum hamil kulit saya tidak begini kalau di oleh minyak angin. 

     

    Terima kasih sebelumnya :)

    Nova

    Halo, Nova. Kehamilan yang dialami oleh perempuan berbeda beda. Kehamilan adalah proses yang unik dan banyak hal yang berlangsung di dalam tubuh ibu sewaktu kehamilanBahkan antara  kehamilan pertama dan kedua juga berbeda. Banyak faktor yang menyebabkan perbedaan. Dan faktor yang  paling besar pengaruhnya adalah hormonal. Seperti disebutkan di atas hormon bertanggung jawab atas "hilangnya" minyak dan elastisitas kulit. Sehingga kulit menjadi kering, kusam, kehitaman dan sering mengelupas. Keringnya kulit juga akan mengarah kepada terbentuknya stretch marks. Hal ini tidak bisa dicegah, namun Anda dapat meminimalisir dengan menggunakan pelembab di sekitar area yang terkena.

    Selain itu kulit yang kering dan timbul bintik kemerahan bisa terjadi karena iritasi pada kulit. Anda tidak usah panik karena penggunaan obat topikal seperti minyak angin tidak berpengaruh pada kandungan Anda. Sebaiknya Anda hentikan penggunaan obat oles tersebut untukmengurangi gejala yang terjadi. Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan dirumah :

    • makanlah dalam porsi kecil namun sering. Ibu hamil cenderung mual dan muntah. namun apapun kondisinya tetap harus makan guna mencukupi kebutuhan gizi ibu dan janin.
    • istirahat yang cukup
    • lakukan olahraga kecil agar tubuhnya menjadi bugar
    • hentikan penggunaan obat yang dapat menimbulkan iritasi kulit
    • banyak makan buah dan sayur untuk menjaga kelembaban kulit dan meregenerasi sel baru.

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S