Tanya Dokter

  • Penyebab panggul sakit hingga sakit saat berjalan

  • Dok... saya mau tanya.. dlu wktu hamil panggul sya klo kecapekan sakit klo jln gtu jd pincang krn panggul sakit... ini anak sya udh 2.5 thn.. tp kok klo kecapekan ttp msh sama ya dok.. klo brdri gtu skit klo dpke jln pincang.. rsanya panggulnya bnr2 skit... ini tnda2 pnyakit apa ya Dok? Makasih Dok.

    Halo,   Nyeri pada panggul bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab yang emmebutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung untuk menyingkirkan kemungkinan dan mencari penyebab asal dari nyeri panggul Anda. Saat hamil nyeri panggul bisa saja terjadi akibat tekanan dari kepala bayi ke rongga panggul sehingga timbul nyeri jika berdiri atau berjalan lama. Namun jika nyeri menetap bahkan setelah anak lahir, maka kemungkinan nyeri panggul Anda bisa dikarenakan :

    1. Penyakit radang panggul
    2. Skoliosis parah
    3. Kelainan tulang panggul = tumor, kanker tulang , TB tulang , Osteoporosis, dll.
    4. Kista ovarium
    5. Osteoartritis
    6. Rematoid artritis
    7. Stenosis spinal
    8. dll.
    Untuk mengetahui penyebab utama keluhan Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG, CT SCAN, Rontgen dll jika diperlukan oleh dokter orthopedi (ahli tulang). Dengan mengetahui penyebab maka pengobatan bisa diberikan untuk mengurangi gejala yang Anda rasakan. Untuk membantu mengurangi nyeri panggul Anda maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. berolahraga sesuai kemampuan.
    2. Lakukan stretching /peregangan.
    3. Hindari berdiri terlalu lama dengan bertumpu pada 1 kaki.
    4. Kompres hangat panggul yang nyeri.
    5. minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    6. Hindari menggendong atau membawa beban berat pada 1 sisi.
    Baca topik Nyeri panggul. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.