Tanya Dokter

  • kenapa rambut rontok secara berlebihan?

  • asalamualaikum, selamat sore dok, saya sudah hampir 2 tahun sejak saya kuliah mengalami kerontokan rambut yang berlebihan umur saya sekarang 20 tahun. saya sering merasa lemas, sering kecapekan, cepat merasa lapar, mudah mengantuk, berat badan saya tidak kunjung bertambah hanya 45, saat menstruasi saya sering merasakan sakit perut yang hebat. tolong penjelasan dokter tentang keadaan saya, apakah saya mengallami suatu penyakit. terimakasih dok.

    Hai, Apa kerontokan rambut  dan gejala lain yang Anda rasakan dirasakan bersamaan (2 tahun yang lalu)? Atau gejala lain baru saja Anda rasakan? Kerontokan rambut yang berlebih (>100 helai perhari) bisa disebabkan banyak faktor diantaranya :

    1. Kelainan pada rambut       = alopesia, skar pada kepala.
    2. Penyakit yang mendasari = gangguan tiroid, anemia, pengobatan kemoterapi, jamur dll
    3. Hormon dan stress             = pasca melahirkan, Menopause dan stress berlebih.
    4. Faktor makanan    = diet ketat, penurunan berat badan drastis, anoreksia,  kurang vitamin A.
    5. Obat obatan                         = steroid, pil KB, obat depresi, obat rematik dll
    6. Penggunaan produk rambut (shampoo, ikat rambut, jepit rambut) berlebih
    7. Penggunaan blow dry berlebih
    8. dll.
    http://www.alodokter.com/rambut-rontok/penyebab/ Maka dari itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk pemeriksaan yang seksama. Dokter akan memeriksa apakah hubungan kerontokan rambut Anda ada hubungannya dengan gejala lain  yang Anda alami. Sehingga penanganan yang tepat dan cepat bisa dilakukan untuk mengurangi efek/ komplikasi yang lebih serius. Dokter juga mungkin akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti Tes darah untuk melihat apakah ada faktor penyakit lain yang mendasari kerontokan rambut Anda. Penanganan kerontokan rambut Anda akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. http://www.alodokter.com/rambut-rontok/pengobatan/     Semoga bermanfaat.     Dr. Yusi