Tanya Dokter

  • kenapa saya belum haid?

  • dok,saya ingin bertanya.

    umur anak saya sekarang 4 bulan,setelah melahirkan hingga sekarang saya belum juga haid.

    dan saya juga tidak menggunakan kb suami saya tembak spermanya diluar.

    saya juga sudah tes urine dan hasilnya negatif.

    saya juga menyusui eklusif untuk bayi saya.

    yang jadi kecemasan kenapa saya belum juga haid hingga sekarang apakah saya harus periksa lebih lanjut,ataukah ini adalah hal normal?
    tolong dok jawabannya,terimakasih...

    Halo Arga,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Belom haidnya Anda setelah melahirkan kemungkinan disebabkan karena efek KB alami dari menyusui anak Anda secara eksklusif atau disebut dengan metode MAL (metode laktasi amonero).

    Saat seorang ibu aktif menyusui, tubuhnya memproduksi suatu hormon yang menekan ovulasi (pelepasan telur -- komponen penting dalam siklus haid) sehingga diyakini sebagai salah satu metode KB alami. Dikatakan cukup yakin, karena efektivitasnya mencapai 98% dan beberapa ibu tetap bisa hamil selama masa menyusui, terutama setelah bayi yang disusui berusia 6 bulan ke atas atau haid telah diperoleh. Oleh sebab itu, biasanya metode ini digabungkan dengan metode KB buatan lain, seperti pil, spiral atau kondom.

     

    Selain efek MAL, kemungkinan Anda tidak haid juga bisa disebabkan olehgangguan hormonal seperti hipertiroid, kerusakan pusat pengatur hormon di otak akibat komplikasi persalinan, dll. Untuk lebih jelasnya, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke Dokter Kandungan (Sp. OG). Mungkin diperlukan pemeriksaan lebih lanjut bila ternyata bukan disebabkan oleh MAL, misalnya pemeriksaan USG dan darah.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar