Tanya Dokter

  • Penyebab perubahan mood secara tiba-tiba

  •  frili
    Anggota

    Dok Saya mau menanyakan , Saya sejak kecil merasakan sakit kepala yang sangat hebat dan sakit disertai ingin marah dan emosi tapi setelah di periksakan ternyata ada kaitannya dengan makhluk ghaib dengan masuknya kedalam kepala dan mengganggu kepala hingga menyebabkan rasa sakit setelah di ruqyah di bersihkan seluruhnya sekarang hilang sakit kepalanya. Tapi Otak saya terasa seperti ada yang hilang seperti daya ingatan hilang dan seperti merasakan hidup baru.Namun saya bingung sampai sekarang saya selalu mengalami gangguan gejala emosi yang sangat tidak stabil jika bahagia saya sangat bahagia jika sedih saya sangat amat sedih hingga makan sehari 3 sendok bahkan tidak makan sama sekali bahkan 2 hari tdk tdur kuat. Tapi saya tidak mau seperti itu karena kasian tubuh saya kesiksa. Saya bingung dok untuk mengontrol emosi saya. Saya ingin hidup normal layaknya yang lain dengan berat badan yang stabil. Sya juga ingin menanyakan apakah penyakit bipolar ada hubungan dengan indigo dok.. Mohon nasehatnya dan pelurusannya agar hidup saya bisa terkontrol . Terkadang jika sudah sedih tubuh saya seperti melayang naik motor bisa mencapai tingkat kecepatan paling tinggi tapi untung saja alhamdulillah tidak papa. Mohon Diberi pencerahan psikologi biar saya bisa menjalani hidup normal yang tenng dan bisa menyetabilkan emosi dalam tubuh .

    Halo frili.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami kemungkinan mengarah ke gangguan psikologis. Perlu Anda ketahui, kesehatan psikologis yang baik merupakan suatu kondisi ketika batin berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain disekitar.

    Seseorang yang mempunyai psikologi sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain. Sebaliknya jika terganggu, maka akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi, yang pada akhirnya dapat mengarah ke perilaku buruk.

    Gangguan psikologis dapat menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dapat merusak interaksi atau hubungan dengan orang lain, namun juga akan dapat menurunkan prestasi di sekolah maupun produktivitas kerja.

    Agar dapat menjalani kehidupan yang normal, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikiater terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Tips untuk Anda :

    • Ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya.
    • Belajar menerima suatu masalah yang sulit diatasi atau hal - hal yang tidak dapat diubah.
    • Selalu berpikir positif dan memandang bahwa segala sesuatu yang terjadi didalam hidup ada hikmahnya.
    • Meminta saran dari orang terpercaya untuk mengatasi masalah yang sedang dialami.
    • Belajar mengendalikan diri dan selalu aktif dalam mencari solusi.
    • Lakukan aktivitas fisik, Meditasi, teknik relaksasi guna meredakan ketegangan emosi dan menjernihkan pikiran.
    • Melakukan hal hal baru yang menantang dan positif, guna meningkatkan rasa percaya diri.
    • Meluangkan waktu untuk melakukan hal - hal yang disukai seperti melukis, mendengarkan musik, travelling, dan lain sebagainya.
    • Menghindari cara cara negatif untuk meredakan gangguan psikologis seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, menggunakan narkoba.

     

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati