Tanya Dokter

  • Kenapa saya mudah mengantuk?

  •  Rut P Pardede
    Anggota

    Pagi dok ... saya mau nanya kenapa ya saya kok mudah banget ngantuk ... bawaan juga lesu dan lemas ... dan di bawah mata saya gelap dok ... padahal jam tidur saya cukup dok dan saya juga tidak begadang di malam hari ... di tambah lagi saya terkadang merasakan nyeri pada sisi kanan perut saya dan terkadang di dada kiri saya dan terkadang saya mersakan sakit di kepala saya seperti di tusuk dok ... itu kenapa ya dok ???

    Hai,   Penyebab selalu mengantuk belum tentu karena tidur yang kurang. Walau penyebab tersering adalah gangguan pada tidur / pola tidur yang kurang tepat. Penyebab timbulnya sensasi mengantuk bisa disebabkan oleh :

    1. Gangguan pada tidur seperti sleep apnea dimana Anda tertidur namun kualitas tidur Anda jelek sehingga Anda tidak merasa bugar saat bangun keesokan harinya dan diikuti perasaan selalu mengantuk. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter mengenai gangguan ini.
    2. Penyakit Diabetes , salah satu gejala diabetes adalah selalu mengantuk walaupun istirahat cukup. Ini disebabkan karena kadar gula berlebih.
    3. Anemia , penyakit anemia karena Hb yang rendah maka menyebabkan pasokan oksigen ke otak akan berkurang dan menyebabkan rasa lelah dan mengantuk yang berkepanjangan
    4. Depresi, Kondisi kejiwaan bisa menyebabkan seseorang memiliki gangguan pada fungsi tubuh.
    5. Obat obatan
    6. Stress pasca trauma
    7. dll
    Untuk mengetahui penyebab yang mendasari keluhan Anda maka pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lain akan diperlukan seperti tes darah, dan tes lain yang dianggap perlu. Untuk mengurangi rasa mengantuk berlebihan Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah seperti :
    1. Berolahraga
    2. Melakukan relaksasi / Yoga
    3. Makan gizi seimbang sesuai aturan
    4. Hindari makan menjelang tidur
    5. Kondisikan suasana tidur yang nyaman dan bebas dari gangguan
    6. Temui pakar kesehatan tidur
    Anda bisa membaca laman berikut untuk info tambahan. Lelah atau sakit?   Semoga membantu.     dr. Yusi