Tanya Dokter

  • Kenapa saya semakin hari semakin kurus?

  •  qiqiramdhani
    Anggota

    Selamat malam, Dok.

     

    Dok, nama saya Qiqi, umur saya 15 tahun Juni mendatang. Saya ingin bertanya sesuatu. Kenapa ya, Dok, saya kurus sekali? Sejak kecil badan saya sudah kurus, dan seberapa banyak pun saya makan, badan saya tetap saja kurus. Kini tinggi saya 150cm dengan berat yang tidak pasti. Selalu berubah dari 35-38kg, tetapi tak pernah lebih. Dan semakin lama, saya sadar bahwa tubuh saya semakin kurus. Walau pakai berlapis-lapis baju, jika menyentuh pundak, punggung, dan anggota tubuh saya yang lain, orang-orang dapat langsung merasakan tulang saya.

    Entah sejak kapan, saya menjadi sering mengantuk dan mudah lelah. Penglihatan saya semakin memburuk dan telinga saya kini sering berdenging. Atau berdengung. Atau apalah dan terkadang selama beberapa saat, saya tidak bisa mendengar sama sekali. Saya juga seringkali rasanya lelah sekali, padahal tidak melakukan apa pun.

    Dan kalau diingat-ingat, sudah 2 tahun ini batuk saya tak kunjung sembuh, padahal sewaktu dironsen setahun yang lalu, paru-paru saya dinyatakan bersih.

    Apa ini ada hubungannya dengan asma yang saya idap? Atau karena saya pernah mengidap TBC sewaktu kecil? Saya pernah operasi hernia dan usus buntu, apa kedua hal itu berpengaruh?

     

    Terima kasih, Dokter.

    Semoga Tuhan memberkati Dokter.

    Halo,   Tubuh yang kurus bisa dipengaruhi banyak faktor seperti :

    1. Genetik kedua orang tua  dan keluarga = anak yang orangtuanya mengalami bentuk tubuh yang kurus jarang sekali mendapatkan badan yang gemuk. Namun bisa juga anak menjadi gemuk jika ada gen dari kakek/ nenek yang memiliki bentuk tubuh gemuk/ bongsor.
    2. Pola makan = jika kalori yang Anda makan jauh lebih sedikit dari energi yang Anda keluarkan maka otomatis tubuh Anda akan mengalami penurunan berat badan.
    3. Kurang minum air putih.
    4. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.
    5. Merokok.
    6. Kurang olahraga.
    7. Kurang Istirahat.
    8. Stress fisik dan psikis = depresi, kecemasan dll.
    9. Metabolisme tubuh yang terlalu cepat.
    10. Adanya penyakit TBC = penyakit ini menyebabkan penurunan berat badan akibat infeksi kronis yang lama pada paru.
    11. Gangguan tiroid 
    12. Diabetes Mellitus.
    13. Penyakit HIV-AIDS.
    14. Sirosis hati atau penyakit hati lainnya.
    15. Penyakit usus atau gangguan malabsobsi (penyerapan) makanan di usus.
    16. Kanker.
    17. dll.
    Untuk mengetahui penyebab kurusnya Anda maka pemeriksaan secara seksama akan diperlukan. Dokter akan melakukan tes fisik, tes darah, tes urin, USG dll untuk mengetahui apa penyebab keluhan Anda. Penderita Asma memang biasanya jarang sekali gemuk, namun bukan berarti semua penderita asma pasti kurus. Dan operasi hernia serta usus buntu yang pernah Anda lakukan akan berpengaruh sementara terhadap berat badan Anda contohnya pada masa pemulihan, namun saat kondisi sudah fit seharusnya berat badan Anda akan bisa naik jika ditunjang oleh asupan kalori yang cukup. Untuk meningkatkan berat badan Anda, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :
    1. Olahraga sesuai kemampuan, hal ini dikarenakan Anda memiliki asma, maka olahraga yang disarankan adalah joging, jalan cepat dan sepeda statis.
    2. Perhatikan asupan makan = makan porsi kecil dan sering serta mengandung kalori tinggi. Ingat 4 sehat.
    3. Minum produk susu dan susu.
    4. Istirahat cukup.
    5. Makan snack sehat = juice buah, roti isi, selai kacang, dll yang tidak membuat asma Anda kumat.
    Baca topik Menaikkan berat badan secara alami. Jika setelah berupaya maksimal namun masih belum berhasil, periksakan diri ke dokter dan ahli gizi bila perlu, ahli gizi bisa membantu Anda dalam menemukan pola makan yang cocok untuk Anda dalam meningkatkan berat badan dan tetap dalam kondisi fit tanpa Asma yang kambuh dan dokter akan memeriksa Anda untuk mencari apakah ada indikasi medis lain penyebab badan Anda yang semakin kurus. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi