Tanya Dokter

  • Penyebab merasa cepat lelah, lesu dan sering pusing

  •  Rani Nur
    Anggota
    Selamat pagi dok, saya mau bertanya.. 3minggu belakangan ini saya merasa saya sangat kurang istirahat.. saya selalu melakukan aktivitas fisik hampir setiap weekend saya, bahkan setiap weekend saya hanya tidur kurang dari 5jam.. dan beberapa minggu ini saya merasa cepat lelah, lesu, sering pusing, dan tidak kuat jika disuruh berdiri lama.. padahal kegiatan yg saya lakukan mengharuskan saya berdiri lama..kadang juga mual, dan sering mengantuk.. kirakira saya kenapa dok??

    Hai Rani, Keluhan sering pusing yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh kurangnya istirahat. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur ideal selama 7-9 jam setiap malam. Bila waktu tidur Anda kurang dari itu, apalagi jika kondisi ini berlangsung terus-menerus, maka tentunya hal ini dapat memicu timbulnya gangguan pada tubuh. Selain pusing dan cepat lelah, kurang istirahat dapat pula memicu timbulnya gejala lain seperti konsentrasi menurun, gangguan memori, depresi, obesitas, dan sebagainya. Kurang tidur juga menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah sehingga seseorang lebih mudah terserang penyakit. Namun demikian, timbulnya keluhan pusing dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    Sebaiknya Anda memperbaiki pola tidur Anda dan menjalankan pola hidup sehat dalam keseharian untuk mengurangi keluhan yang timbul. Berikut ini saran bagi Anda:
    • Beristirahat yang cukup dan mengatur pola tidur yang teratur selama 7-9 jam setiap malam
    • Atur suasana kamar tidur senyaman mungkin agar memudahkan Anda untuk tidur
    • Hindari nonton TV atau bekerja di dalam kamar
    • Mandi air hangat atau minum segelas susu hangat dapat menyamankan tubuh dan memudahkan tidur
    • Hindari makan besar 2 jam sebelum tidur
    • Hindari merokok, konsumsi kafein atau melakukan aktivitas berat sebelum tidur
    • Makan secara teratur dan minum cukup air putih 2-3 liter sehari untuk mencegah hipoglikemia dan dehidrasi yang dapat memicu pusing
    • Lakukan perubahan posisi tubuh (dari posisi duduk/berbaring ke posisi berdiri) secara perlahan dan tidak mendadak
    • Konsumsi makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh
    • Mengelola stres dengan bijak
    Namun jika Anda telah memperbaiki pola tidur dan pola hidup namun keluhan tidak kunjung membaik, maka Anda sebaiknya dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menelusuri kemungkinan adanya penyebab lain yang mendasari. Penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya. Informasi berikut ini dapat berguna: Pusing Jangan abaikan efek buruk gangguan tidur Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman