Tanya Dokter

  • Penyebab tidak menstruasi 6 bulan

  •  Syafa
    Anggota
    Hallo dok, saya wanita berumur 23 tahun. Saya pernah hamil lalu keguguran november 2015. setelah itu saya kb 3bln 2x nah setelah itu saya jarang mendapatkan haid. Kalo haid paling flek doang.. Sekarang saya udah 6 bulan ngg dapet haid. Saya ngga positif juga. Saya harus bagaimana? Apa normal2 saja?

    Halo Syafa, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Darah menstruasi yang keluar sedikit dapat disebabkan oleh berbagai hal. Siklus menstruasi seorang wanita memang bersifat sangat individual. Masing-masing siklus sangat bergantunf berbagai faktor yang dapat menyebabkan menstruasi berlangsung pendek dan jumlah darah sedikit. Kondisi ini dikenal sebagai hypomenorhe. Adapaun beberapa faktor yang menyebabkan kondisi tersebut adalah sebagai berikut: 

    1. Faktor genetik
    2. Faktor usia. Pada usia dimana menstruasi baru terjadi atau pada usia menjelang menopause sangat mungkin terjadi kondisi menstruasi sedikit.
    3. Kenaikan atau penurun berat badan yang drastis
    4. Gaya hidup yang tidak seimbang
    5. Olahraga yang berlebihan
    6. Penggunaan alat kontrasepsi. Kontrasepsi terutama kontrasepsi hormonal seperti pil dan KB suntik sangat mungkin terjadi ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan siklus menstruasi yang berubah terutama jika baru menggunakannnya pada bulan-bulan pertama.
    7. Adanya kehamilan. Flek sedikit sangat mungkin terjadi pada awal kehamilan. Namun, tentu memastikan kehamilan dengan testpack atau langsung mengunjungi dokter untuk mengetahuinya
    8. Gangguan kelenjar thyroid
    9. Adanya penyakit PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).
    10. Adanya kondisi medis tertentu di dalam tubuh yang secara tidak langsung menyebabkan gangguan hormon. 

    Pada kasus Anda dimana menggunakan kontrasepsi dapat menjadi penyebab kondisi Anda saat ini. Namun, tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lain. Disarankan untuk Anda melakukan konsultasi dengan dokter Anda mengenai kondisi Anda, ada tidaknya penyakit medis yang mendasari. Selain itu konsultasikan juga pilihan kontrasepsi lainnya yang bersifat non hormonal agar tidak mengganggu siklus menstruasi Anda seperti sistem kalender, kondom dan lainnya. Dengan demikian dapat dilakukan penangana yang sesuai dengan kondisi medis tertentu Anda. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi