Tanya Dokter

  • Penyebab badan sering demam

  •  Fithra Tita
    Anggota
    Sore dok, saya ingin bertanya, mengapa badan saya sering sekali panas yaa? Jadi misalnya minggu ini badan saya panas selama 2 hari, setelah minum obat saya sembuh. Tapi minggu depannya, hal yang sama terjadi lagi, dan berulang kali terjadi. Padahal saya sudah mengurangi aktivitas agar tidak kelelahan. Kira-kira apa yang terjadi yaa dok? Terimakasih :)

    Halo Fithra........

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Apakah yang Anda maksud dengan panas badan adalah demam ??? jika " YA ", kondisi yang Anda alami dimana dalam bahasa medis disebut sebagai Febris, paling sering muncul karena daya tahan tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap mikroorganisme yang masuk ke dalam tubuh seperti virus, bakteri, parasit, jamur.

    Seseorang dikatakan demam jika suhu tubuhnya melebihi 37,5 ° Celcius, sedangkan demam juga dapat disertai dengan gejala : pusing, mual, muntah, tidak nafsu makan, tubuh yang terasa lemas, batuk - batuk, bersin - bersin, pegal linu, sakit kepala, nyeri otot.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan demam, diantaranya adalah : radang tenggorokan, demam berdarah, peradangan pada Amandel, demam tifoid, malaria, infeksi saluran kemih, tuberkulosis atau TBC, infeksi saluran pencernaan, dehidrasi, kanker, Dan lain sebagainya.

    Oleh karena demam yang Anda alami sudah sering mengalami kekambuhan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, rontgen, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati