Tanya Dokter

  • Kenapa suhu tubuh saya rendah?

  •  Gregoriaz
    Anggota
    Dokter dari 2 hari yg lalu sy demam dan diare sekarang demam sy sdh membaik tapi masih diare nah disini saya agak aneh dok kok suhu tubuh saya 35 derajat celsius ya dok? Apa mungkin memang termometer saya yg sdh usang?
    Gregoriaz  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo Gregoriaz,

     

    Suhu tubuh yang normal berkisar antara 36,5 sampai dengan 37,5 derajat Celcius. Variasi pada suhu tubuh yang normal terjadi sehari-harinya dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya suhu lingkungan, aktivitas fisik, dan juga perbedaan terjadi diantara siang dan malam hari.

     

    Namun suhu tubuh juga dapat meningkat pada beberapa kondisi diantaranya sedang terjadi infeksi, adanya gangguan pada hormon tiroid seperti hipertiroid atau hipotiroid atau adanya keganasan (tumor) pada otak yang mengganggu fungsi otak dalam menjaga suhu tubuh normal.

     

    Untuk melakukan pengukuran pada suhu tubuh dapat dilakukan dengan menggunakan termometer yang dapat dilakukan pada beberapa tempat pada tubuh diantaranya dahi, ketiak, telinga, rongga mulut atau anus (bokong). Pada kesalahan karena alat pengukur suhu tubuh juga dapat menyebabkan kesalahan pada pengukuran suhu.

     

    Anda dapat melakukan pengukuran suhu ulang dengan menggunakan alat yang berbeda (sudah dilakukan pengkalibrasian terlebih dahulu sebaiknya) atau apabila terdapat keluhan seperti badan menjadi meriang, menggigil, atau lemas badan yang berlebihan sebaiknya lakukanlah pemeriksaan ke dokter sehingga dapat diketahui penyebab dari keluhan yang anda alami melalui pemeriksaan fisik dan juga penunjang seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan urin ataupun pemeriksaan CT-scan sehingga dapat diketahui peneybab dari munculnya keluhan yang anda alami.

     

    Selain itu, pada dimana suhu tubuh menjadi lebih rendah, anda dapat menghangatkan tubuh dengan menggunakan pakaian seperti baju dan celana panjang, mengenakan selimut atau pakaian yang lebih tebal untuk tidur, mengatur suhu pendingin ruangan agar tidak terlalu dingin.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi