Tanya Dokter

  • kenapa tidak boleh mencabut gigi yang masih sakit?

  •  Hallym Ajjh
    Anggota

    Gigi bungsu sya patah dan akhirnya berlubang,sejak saat itu menjadi sakit. Sya sudah pergi ke dokter 2x. Yg pertama cm d bersihkan,dan d sarankn untuk rongten gigi. Yg k 2 stlh rongten penanganannya msh sma tp gigi sya tetep sakit dok.Padahal sya mnta buat d cabut giginya agar tdk sakit lgi,tp dokternya tidak mau. Apakah mencabut gigi bungsu yg sedang sakit itu bsa bermasalah dok?

    Hai,   Mencabut gigi yang sedang sakit/ terinfeksi memang sebaiknya tidak dilakukan. Alasan yang menyebabkan penundaan pencabutan gigi saat sedang sakit adalah :

    1. Saat terinfeksi dan meradang, obat bius untuk pencabutan tidak akan bekerja maksimal / bahkan tidak bekerja sama sekali.
    2. Pada proses pencabutan akan terjadi perdarahan yang berarti bahwa terbukanya saluran pembuluh darah, kuman pada gigi bisa masuk ke dalam pembuluh darah dan menyebabkan penyakit lain yang bisa merugikan pasien.
    3. Pada peradangan tentu saja aliran pembuluh darah ke bagian yang nyeri akan lebih banyak sehingga potensi terjadi perdarahan yang banyak dan lama pada pencabutan akan lebih besar.
    Jadi sebaiknya hilangkan pikiran Anda untuk mencabut gigi terlebih dulu saat gigi sakit. Lakukan instruksi / anjuran dokter gigi agar sakit gigi cepat hilang dan Anda bisa melakukan pencabutan / tindakan lain yang sesuai untuk kondisi Anda. Untuk membantu mengurangi nyeri Anda bisa melakukan :
    1. Berkumur dengan cairan kumur 2 kali sehari terutama setelah sikat gigi.
    2. Bersihkan dengan dental floss
    3. Minum obat pereda nyeri jika perlu, atau oleskan minyak cengkeh ke gigi yang terasa nyeri.
      Semoga membantu,     dr. Yusi

    Alo dokter saya umur 13 tahun,saya skrg sdng mengalami sakit gigi bahkan setiap hari ,setiap saya makan dan minum terasa ngilu yg begitu hebat dan malam ya sebelum tidur juga begitu dasyat padahal saya udh pakai obat pereda sakit tapi tetap juga besok ya sakit hingga seterus ya pertayaan saya dok boleh kah gigi saya yg berlumbang ini di cabut atau boleh kah dalam 2 gigi sekali gus di cabut dok butuh jawaban ya???

    Hallym Ajjh  Reza Anita
    Anggota

    Siang Dok.... gigi geraham saya berlubang parah sering sakit mau saya cabut tp takut ,baiknya di cabut apa di tembel??trims