Tanya Dokter

  • kenapa saya tidak bisa gemuk?

  •  Piyan Rockers
    Anggota

    Dok ,saya mau tanya kenapa ya saya sudah makan banyak tapi badan tetep kurus makin banyak makan malah perutnya yang gemuk tapi badan tidak gemuk . Apakah karna cacingan apaa karna apaa ?

    Hi, Apakah benar berat badan anda kurang / kurus dapat diketahui dengan menghitung Body Mass Index (BMI) / Indeks Masa Tubuh. Indeks masa tubuh melihat status masa tubuh Anda berdasarkan perbandingan berat badan dan tinggi badan. Untuk membantu Anda menghitung, Anda dapat membuka halaman berikut: http://www.cdc.gov/healthyweight/assessing/bmi/adult_bmi/metric_bmi_calculator/bmi_calculator.html Hasil penghitungan BMI dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori, diantaranya: 1. Underweight, atau berat badan kurang 2. Healthy weight, atau berat badan normal 3. Overweight, atau berat badan berlebih 4. Obese / obesitas, yaitu berat badan yang sangat berlebih   Jika memang berat Anda termasuk kategori Underweight / kurang, ada beberapa sebab yang mungkin mendasarinya, diantaranya : 1. Kurangnya nutrisi dan kalori dalam makanan yang banyak Anda makan 2. Penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol 3. Masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan lainnya 4. Masalah medis, seperti - Masalah pada kelenjar yang memproduksi hormon yang mempengaruhi metabolisme tubuh, seperti hyperthyrroid, addison's disease, dan diabetes mellitus. - Infeksi pada tubuh oleh bakteri, virus, maupun parasit. Seperti cacingan, infeksi TB, dan HIV. - Kanker - Penyakit-penyakit pada usus, liver, jantung, ginjal dan paru - dan lainnya   Untuk sementara hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencoba meningkatkan berat badan adalah: 1. Makan lebih sering, contohnya dengan menyelipkan snack diantara waktu-waktu makan berat 2. Makan makanan yang berkalori lebih tinggi dan nutrisi yang tetap seimbang 3. Jangan terlalu banyak meminum air putih saat makan berat, karena akan menyebabkan rasa lebih cepat kenyang dan kembung 4. Olahraga, untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan masa otot   Untuk memastikan penyebab yang mendasari masalah Anda perlu dilakukan konsultasi secara langsung dengan dokter. Dokter akan perlu melakukan pemeriksaan fisik lebih lanjut dan mungkin beberapa pemeriksaan penunjang.   Semoga membantu, Diam Paramitasari, dr.  

    Piyan Rockers  Piyan Rockers
    Anggota

    Trima kasih dok, sepertinya saya mengalami psikologis hal itu sudah lama aku semunyikan dari keluarga dan tidak ada satu pun orang yang mengetahuinya bahkan saya tidak pernah bisa masuk tidur sering kali selama 2 setengah tahun entah bagaimana aku menghilangkan nya, semakin aku berpikir semakin aku kebingungan bahkan aku pernah 2 hari dikamar tidak tidur pikiran itu slalu menganggu saya . Semakin sakit . Untung saja saya bisa mengendalikan jiwa saya kalo tidak saja sudah lama gila . Menurut anda dok, bagaimana menyingkapi semua itu ? Belum ada satu pun orang yang tahu entah mungkin saya membenci semua orang bahkan kakak2 saya pun tapi saya tidak pernah membenci kedua orang tua saya .