Tanya Dokter

  • kenapa tulang rusuk sakit saat hamil tua?

  •  Queen
    Anggota

    Malam dokter, usia kehamilan saya masuk 36minggu... Tapi stiap hari tulang rusuk sebelah kiri selalu sakit. Jadi serba salah, mau duduk atau tiduran gak pernah nyaman. Untuk mengurangi rasa sakitnya harus gimana ya doak?mohon jawabannya.thanks :)

    Hello, Dimanakah lokasi nyeri yang Anda rasakan? Apakah tulang rusuk kiri bagian depan atau belakang? Apakah bagian atas atau bawah? Lokasi nyeri dapat membantu dokter dalam memperkirakan organ yang mengalami gangguan. Kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan nyeri pada daerah rusuk kiri :

    1. Sprain atau strain otot
    2. Mialgia
    3. Neuritis
    4. Trauma
    5. Gangguan pada lambung seperti gastritis
    6. GERD (gastro esophageal reflux disease)
    7. Hernia hiatus
    8. Pleuritis
    9. Gangguan pada paru-paru
    10. Gangguan pada tulang
    11. dan lainnya
    Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa nyeri :
    1. Istirahat yang cukup
    2. Posisikan diri Anda pada posisi yang nyaman jika nyeri yang dirasakan berbeda pada setiap posisi
    3. Kompres dengan air hangat daerah yang sakit
    4. Hindari aktivitas yang berat
    5. Konsumsi obat penahan sakit yang aman bagi kehamilan seperti paracetamol jika merasakan nyeri yang tidak tertahankan
    Periksakan diri ke dokter untuk menjalani pemeriksaan dan menentukan penyebab dari rasa sakit yang Anda rasakan. Dokter akan memeriksakan kemungkinan hubungannya dengan kandungan, kemungkinan factor penyebab, dan lainnya. Kemudian dokter dapat meresepkan obat yang sesuai dengan penyebab nyeri tersebut. Semoga dapat membantu. Salam, dr Henry Andrean

    Queen  Queen
    Anggota

    Yang terasa sakit tulang rusuk depan tepat dibawah payudara kiri dokter, terkadang hilang terkadang nyeri sakitnya gak tahan...

    Hello, Jika nyeri yang Anda rasakan letaknya di permukaan, maka biasanya tidak terlalu mengkhawatirkan. Berbeda dengan nyeri yang terlatak di dalam yang kemungkinan nyerinya berasal dari organ dalam seperti jantung, paru-paru, atau saluran pencernaan. Nyeri permukaan di rusuk sebelah kiri, biasanya disebabkan antara lain:

    1. Gangguan otot seperti myalgia
    2. Gangguan saraf seperti neuritis
    3. Gangguan persendian seperti osteoarthritis
    4. Gangguan tulang akibat trauma
    5. dan lainnya
    Namun tetap Anda membutuhkan pemeriksaan dari dokter guna mendapatkan pemeriksaan yang tepat dan penanganan yang tepat pula. Sebagai tindakan pencegahan, dapat Anda lakukan hal-hal seperti yang telah tertera dalam jawaban sebelumnya. Semoga dapat berguna. Salam, dr Henry Andrean

    Queen  Ayue Natha Lata
    Anggota

    Usia kehamilan saya jg msk 37w dok, dan sakit banget tulang rusuk saya di sebelah kanan.apakah itu ada hubungannya dgn kehamilan saya.terima kasih.

    Hello Ayue, Nyeri pada bagian dada atau rusuk, bisa berhubungan dengan kehamilan terutama jika sudah perut sudah berukuran besar. Hal ini disebabkan karena tekanan dari perut ke bagian dada sehingga menyebabkan rasa nyeri seperti tertekan atau sesak atau terasa tumpul. Namun jika nyeri yang dirasakan tajam, kemungkinan yang dapat terjadi adalah hampir sama dengan penyakit atau kondisi yang telah disebutkan di posting sebelumnya. Untuk dapat memastikan penyebab dari nyeri yang Anda rasakan, Anda dapat memeriksakan ke dokter. Hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengurangi rasa nyeri yang Anda rasakan, antara lain:

    1. Istirahat yang cukup dengan posisi yang paling Anda rasakan nyaman
    2. Kompres dengan air hangat pada daerah yang Anda rasakan nyeri
    3. Kurangi aktivitas yang berat
    4. Konsumsi obat penahan nyeri yang berlogo lingkaran hijau seperti paracetamol sesuai dosis yang ditertera dalam bungkus obat jika nyeri dirasakan sangat hebat.
    Semoga dapat berguna. Salam, dr Henry Andrean