Tanya Dokter

  • Penyebab urin berwarna bening

  •  Adi cah
    Anggota
    Dok, saya mau tanya. Badanku kok semakin kurus, kalau aku minum maka setelah setengah jam akan langsung kencing dengan warna putih bening. Bahkan bisa dibilang jumlah air urin yg keluar akan sama dengan yg aku minum sebelumnya... Seakan-akan air mineral tidak diproses ditubuhku, namun hanya melewatinya saja..

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Urin merupakan suatu cairan yang dikeluarkan tubuh yang mengandung zat dan bahan sisa yang dianggap tidak diperlukan tubuh saat itu.  Urin normalnya berwarna keemasan atau kuning muda, semakin muda warnanya menandakan semakin Anda terhidrasi (cukup cairan) dengan baik. Itu bukanlah hal yang buruk, melainkan hal yang bagus. Apabila warna urin semakin pekat/kuning tua, ini menandakan bahwa Anda kurang cairan atau dehidrasi dan merupakan suatu hal yang tidak baik bagi tubuh. Adapun beberapa perubahan warna urin lainnya yang patut diwaspadai adalah :

    • coklat tua, terjadi pada dehidrasi (kurang cairan), gangguan organ hati
    • orange, efek konsumsi obat, gangguan organ hati
    • merah muda, efek konsumsi obat, sakit ginjal, infeksi saluran kemih
    • hijau/biru, disebabkan oleh efek obat anestesi dan obat asma

    Pemantauan warna, jumlah dan juga adanya zat lain pada urin sangatlah penting untuk mengukur status cairan Anda saat itu. Jika urin Anda bening, maka jangan khawatir karena itu adalah hal yang baik. Sedangkan jika warna urin menjadi lebih pekat, sebaiknya Anda segera perbanyak minum cairan yaitu air putih untuk mencegah timbulnya dehidrasi. Disarankan agar minum air minimal 8 gelas atau 2 liter perharinya. Jika terjadi perubahan warna urin seperti diatas, maka disarankan agar segera memeriksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti