Tanya Dokter

  • Kenapa usus buntu bisa kumat lagi?

  • Assalamualaikum.. Dok, saya mau nanya niih 1 tahun yg lalu saya di vonis trkena usus buntu hingga harus d oprasi lalu kakak saya memberi saya obat herbal setelah saya meminum obat herbal trsebut sbnyak 3 kali brturut-trut usus buntu saya sembuh tapi entah kenapa sdah hampir seminggu saya mrasakan nyeri d bagian perut bawah sbelah kanan saya tepat dmana setahun yg lalu saya merasakan sakit saat di vonis trkena usus buntu !! pertanyaan saya :: dok, apakah mungkin usus buntu saya yg setahun yg lalu tlah smbuhkan dgn.obat herbal dapat kembali trjadi lagi ?? mohon jawabannya dokter wassalam!

    Hai, Usus buntu merupakan suatu organ 'tambahan' pada tubuh manusia yang tidak mempunyai fungsi khusus. Usus buntu berbentuk suatu tabung kecil berukuran 5-10 cm yang terhubung ke usus besar kita yang berfungsi sebagai tempat pembentukan tinja. Jika terjadi radang usus buntu maka seseorang akan mengalami raa sakit yang parah terutama pada bagian perut kanan bawah, demam, mual muntah, hilang nafus makan, dan lainnya. Jika sudah terjadi peradangan hebat pada usus buntu maka dokter akan menyarankan untuk dilakukan operasi pada usus buntu tersebut. Jika usus buntu sudah diangkat melalui operasi, maka tubuh kita tidak akan memiliki usus buntu lagi sehingga tidak mungkin terjadi lagi peradangan pada usus buntu. Namun, nyeri pada bagian kanan bawah perut tidak hanya disebabkan oleh usus buntu. Banyak hal lain yang dapat menyebabkan nyeri perut tersebut, seperti :

    1. Masalah pada organ reproduksi wanita - seperti radang panggul, kista ovarium
    2. Masalah ginjal - seperti batu ginjal
    3. Masalah usus - seperti colitis, diverticulitis
    4. Masalah liver - batu empedu
    5. dan lainnya
    Untuk menentukan penyebab sakit tersebut maka dibutuhkan adanya konsultasi langsung dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang medis lain yang diperlukan seperti lab darah, USG, dan lainnya. Penanganan yang diberikan akan berbeda tergantung dengan hal apa yang menjadi penyebabnya. Sebaiknya periksakan kondisi Anda sesegera mungkin agar penanganan dapat diberikan secara dini sebelum kondisi memburuk.   Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.