Tanya Dokter

  • kenapa ya dok ?

  • Dok. Mau tanya. Kalau pusing terus menerus itu kenapa ya? Pusingnya itu setiap duduk. Kalau berbaring di tempat tidur tidak merasa pusing. Mohon jawabannya ya dok. Terima kasih

    Halo Abed.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kondisi pusing yang Anda alami dapat dirasakan dalam berbagai sensasi, diantaranya adalah : sensasi seperti mau pingsan, sensasi limbung atau kehilangan keseimbangan, sensasi sekeliling terasa berputar.

    Pusing sendiri banyak sekali penyebab nya, diantaranya adalah : tekanan darah yang mendadak turun setelah duduk terlalu lama === biasanya terjadi ketika seseorang berdiri dengan tiba - tiba setelah duduk terlalu lama, vertigo, dehidrasi atau kepanasan, kadar gula yang rendah di dalam tubuh, efek samping dari obat - obatan tertentu, konsumsi minuman keras yang berlebihan, tekanan darah rendah, gangguan pada jantung, tumor otak, stress atau gangguan kecemasan, dll.

    Cobalah atasi keadaan ini dengan cara : jangan berdiri secara tiba - tiba setelah Anda duduk dalam jangka waktu yang lama, batasilah konsumsi minuman yang mengandung kafein, STOP MEROKOK, minum air putih minimal 2 liter perhari, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, segera duduk atau berbaring ketika pusing terjadi.

    Jika setelah melakukan cara - cara diatas kondisi yang Anda alami masih saja terjadi, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Neurologi / Saraf agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokter kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : pemeriksaan fisik, tes tekanan darah ( tensi ), tes laboratorium darah, dll. Sehingga penyebab pasti dari timbulnya kondisi yang Anda alami saat ini diketahui dan akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya :

    PUSING

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati

    Jika hal tersebut terjadi pada wanita, bagaimana ? Dan cara mengatasinya