Tanya Dokter

  • Penyebab muncul jerawat pasca penggunaan krim wajah

  •  elishafifatun
    Anggota

    sore dok, saya baru coba cream wajah, belum ada perubahan apa2 sihh, tp tbtb muncul lumayan banyak jerawat, ituu knp yaa dok?

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jerawat adalah masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, leher, punggung dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista.

    Ada banyak faktor penyebab jerawat, misalnya perubahan hormonal, masa pubertas, peranan bakteri, iritasi, efek samping penggunaan kosmetik, stress, efek samping obat-obatan dan faktor genetik.

    Jadi ada kemungkinan jerawat yang muncul saat ini merupakan efek samping dari krim wajah yang Anda gunakan. Untuk mengetahui penyebabnya secara pasti dan agar segera mendapat penanganan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. Untuk sementara hentikan penggunaan krim wajah dan hindari memencet jerawat.

    Berikut artikel yang sesuai topik pertanyaan Anda di https://www.alodokter.com/jerawat

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.